Connect with us
Dibaca: 168

Bisnis

Selain Distribusikan Benih, Kementan Juga Beri Bimbingan Gratis ke Petani

Foto: Poster pembagian bibit gratis dari Kementan dan Jokowi

SWARARAKYAT.COM – Berbagai upaya dilakukan pemerintah melalui Kementerian Pertanian untuk mewujudkan swasembada pangan. Untuk itu, pembangunan pertanian yang berbasis inovasi dan teknologi dilakukan.

Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian (Kementan), pembangunan pertanian berbasis inovasi dan teknologi dapat membuat produk memiliki daya saing tinggi.

Baca Juga:   Jawaban-Jawaban Presiden Jokowi di Forum Internasional Bikin Netizen Geleng Kepala

Hal itu disampaikan Kepala Balitbang Kementan, Muhammad Syakir saat mendistribusikan 10 juta benih perkebunan gratis untuk petani Indonesia di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Sukabumi, Jawa Barat, Senin (24/9).

Dalam kesempatan itu, tak hanya membagikan bibit gratis, Balitbang Kementan juga melakukan bimbingan kepada para petani.

“Di tempat ini (Balittri) dan balai lainnya juga kami lakukan bimbingan kepada petani secara gratis,” kata Syakir dalam sambutannya.

Pembinaan ini cukup penting karena menurutnya, jika petani menerima pembinaan di setiap balai penelitian maka diharapkan akan positif bagi produksinya nanti. Namun demikian, untuk dapat membuat produk berdaya saing melalui benih dan bimbingan, Kementan juga membutuhkan bantuan dari pemerintah daerah. Salah satunya dalam pendistribusian benih unggul gratis yang juga membutuhkan peran dari pemerintah daerah.

Baca Juga:   Pemerintah Resmi Terbitkan Tax Holiday, 18 Bidang Usaha Ini "Libur" Bayar Pajak

Di kesempatan yang sama, Bupati Bandung, Dadang M Naser yang turut hadir dalam acara tersebut mengaku sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Balitbangtan.

“Saat ini Kabupaten Bandung mendapatkan bantuan benih kopi unggul jenis Arabica sebanyak 165 ribu kopi dan akan kami akan tanam di hamparan di pegunungan di Kabupaten Bandung,” kata Dadang.

Dadang mengatakan kopi yang dihasilkan dari para petani di Kabupaten Bandung sangat unggul bahkan hingga tingkat dunia. Menurutnya kopi dari para petani di Kabupaten Bandung juga dijual hingga London dengan kualitas yang bagus setelah dibina di Balitbangtan.

Baca Juga:   Lagi, Ponpes Darussalam Garut Tolak Kedatangan Ma'ruf Amin

Sementara itu, Bupati Kabupaten Serang Ratu Tatu Chasanah menilai program dari Balitbangtan Kementan menimbulkan semangat dan harapan tinggi dari para petani di Kabupaten Serang. Hal itu menurut Tatu bisa menjadi cara mencapai swasembada pangan.

“Terlebih di Kabupaten Serang ada kakao, ubi, dan cengkeh. Kami siap mendukung melaksanakan program Kementerian Pertanian,” ucap Tatu.

Selain mendistribusikan 10 juta benih gratis hari ini, Balitbangtan Kementan melalui pusat penelitian dan Pengembangan Perkebunan dan Balai-Balai Penelitiannya serta Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Pertanian (BBP2TP) Tahun Anggaran 2017-2018 mendapat tugas tambahan untuk memproduksi benih sebar perkebunan.

Untuk saat ini saja, produksi benih sudah mencapai 18,2 meliputi benih tebu, kopi, kakao, karet, kelapa, lada, pala, cengkeh, kayu manis, dan jambu mete. [Trubus.ID]

SWARARAKYAT.COM merupakan media informasi dan pemberitaan yang independen, terbuka, dan terpercaya yang didedikasikan untuk menyampaikan fakta, data, dan kebenaran berdasarkan standar, prinsip, dan kode etik jurnalisme| Saatnya Rakyat Bersuara

More in Bisnis

error: Dilarang copy paste tanpa izin!