Connect with us
Dibaca: 250

Politik

Kyai Ma’ruf: Saya Tidak Bisa Diadu Domba dengan Erick Thohir

Ketua TKN Jokowi Ma'ruf Erick Thohir bersilaturahim dengan Cawapres KH Ma'ruf Amin

SWARARAKYAT.COM – Calon wakil presiden KH Ma’ruf mengatakan adu domba dengan dengan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Erick Thohir bakal sulit diwujudkan. Sebab, Kiai Ma’ruf mengatakan ia dan Erick berkomunikasi sangat intens.

“Memang ada yang ingin adu, tetapi enggak bisa ke kita. Kami ini saling mengerti dan memahami enggak mungkin diadu,” kata Kiai Ma’ruf kepada wartawan usai menerima Erick di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (10/12) pagi.

Kiai Ma’ruf menegaskan ia dan Erick tetap solid dan tidak ada masalah. Namun, menurut dia, ada pihak yang berupaya mengadu domba keduanya.

Baca Juga:   Surat Edaran Natal dan Tahun Baru Walikota Malang Dinilai Diskriminatif, PSI: Umat Kristen Harus Dihormati

Tujuannya, ia menyebutkan, membuat konflik internal TKN sehingag berimplikasi pada elektabilitas. Namun, ia mengatakan, upaya tersebut akan dengan mudah ditangkal.

“Kami tinggal konfirmasi (ke Erick Thohir) sehingga orang yang pengaruhi bakal sulit,” kata Kiai Ma’ruf menambahkan.

Ia berpendapat komunikasi intens dengan Erick dapat mengurangi potensi kesalahpahaman. “Karena sudah terjalin Insya allah tidak ada hal-hal yang timbulkan kesalahpahaman. Khusnul tafahu atau saling pengertian sejak awal tim,” kata dia.

Baca Juga:   Lihat Fakta Ahok Ngamuk ke Wartawan Bandingkan dengan Kritik Prabowo pada Liputan Reuni Akbar 212

Sebelumnya, Jumat (7/12), Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin Erick Thohir merespons elektabilitas Jokowi-Ma’ruf yang belum bergerak. Ia mengatakan Erick mengaku tak khawatir dengan elektabilitas Jokowi-Ma’ruf di angka 53,2 persen karena angka itu diperoleh ketika Kiai Ma’ruf belum bergerak kampanye.

“Kalau nanti Abah (Kiai Ma’ruf) sudah kampanye, wuih. Beliau belum bergerak saja sudah 53 persen. Apalagi beliau bergerak,” kata dia.

Baca Juga:   Soal Sebutan Politikus Sontoloyo, Ruhut Sitompul: Pak Jokowi Juga Manusia, Tolong Jangan Bikin Beliau Jengkel

Pernyataan Erick ini kemudian diinterpretasi sejumlah pihak dengan narasi bahwa ketua TKN itu menyalahkan Kiai Ma’ruf. Pada Sabtu (8/12), Kiai Ma’ruf kemudian menyatakan hal yang diutarakan oleh Erick bahwa dirinya belum bergerak melakukan kampanye dan meminta masyarakat agar memilihnya pada Pemilu 2019.

Karena itu, Kiai optimistis elektabilitas Joko Widodo dan dirinya akan naik. “Jadi sudah paham betul. Jadi sebenarnya start kampanyenya saja nanti. Tapi komunikasinya sudah bertahun-tahun. Makanya saya yakin elektabilitas bakal naik,” kata Ma’ruf di Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat. (Rep)

Kontributor Wilayah Pantura

More in Politik

error: Dilarang copy paste tanpa izin!