Connect with us
Dibaca: 197

Bisnis

Pertamina EP Bor Sumur Eksploitasi di Lapangan Cepu

PERTAMINA HULU ENERGI

SWARARAKYAT.COM – PT Pertamina terus meningkatkan bisnis hulunya, seperti menggenjot produkis minyak, untuk mendukung ketahanan energi. Melalui anak usahanya, PT Pertamina EP Asset 4 Cepu Field melaksanakan pengeboran sumur eksploitasi di Lapangan Cepu, Desa Bajo, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Pejabat sementara (Pjs) Cepu Field Manager Alev Hildan mengatakan sumur yang dibor bernama North Kedungtuban (NKT-01TW). Sumur tersebut memiliki potensi migas yang cukup besar.

Menurut Alev, target dari hasil pengeboran tersebut dapat menghasilkan gas kurang lebih sekitar 9 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Adapun saat ini produksi gas Cepu Field berada di angka 68 MMSCFD.

Baca Juga:   Pertamina Pulihkan Operasi Layanan SPBU di Palu dan Sekitarnya

“Bila target tersebut berhasil didapatkan tentu akan memberikan dampak positif bagi lingkungan masyarakat sekitar dan tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Blora,” kata Alev berdasarkan siaran resminya yang diterima Katadata.co.id, Sabtu (8/12).

Adapun pengeboran Sumur NKT-01 TW membutuhkan waku sekitar 69 hari dengan kedalaman akhir 2.909 meter. Pengeboran ini menggunakan Rig PDSI #40.4/LDW2000-E. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu berharap dukungan dari seluruh pihak agar pemboran berjalan lancar tanpa hambatan berarti, serta nihil kecelakaan (Zero Accident).

Perwakilan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Jawa, Bali, Nusa Tenggara (Jabanusa) Singgih P. Perdana mengapresiasi Pertamina khususnya di Pertamina EP Asset 4 atas capaiannya sebagai perusahaan Migas dengan pemboran terbanyak di tahun 2018.

“Migas merupakan energi yang tidak dapat diperbaharui. Jadi, yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produksi adalah dengan meningkatkan jumlah pengeboran,” kata dia.

Baca Juga:   Ide Cerdas Said Didu, Ini Bisa Bikin Jokowi "Klepek-Klepek"

Sebagai informasi, Pertamina EP memiliki wilayah kerja seluas kurang lebih 113,629.82 kilometer persegi (km2) yang tersebar di seluruh Indonesia. Wilayah kerja Pertamina EP tersebut dibagi ke dalam lima asset. Adapun Cepu Field berada di area Asset 4.

Sumber: Katadata

Kontributor Wilayah Pantura

More in Bisnis

error: Dilarang copy paste tanpa izin!