Connect with us
Dibaca: 140

Nusantara

Lima Kades Dilaporkan ke Polisi Terkait Pengelolaan Dana Desa

Humas Polres Sumba Timur, NTT Iptu I Made Murja. Foto: Poskupang

SWARARAKYAT.COM – Sebanyak lima Kepala Desa di Kabupaten Sumba Timur sekarang ini dilaporkan masyarakat di masing-masing Desa terkait kinerja pengelolaan dana desa.

Kapolres Sumba Timur AKBP Victor MT. Silalahi melalui Kasubag Humas Polres Sumba Timur Iptu I Made Murja ketika dikonfirmasi di kantornya, Jumat (22/3/2019), mengatakan, sekarang ini pihak Kepolisian di Polres Sumba Timur menerima pengaduan dari masing-masing masyarakat dari Lima Desa, terkait pelaksanaan kinerja pengelolaan dana desa oleh masing-masing Kepala Desa.

Baca Juga:   Bantah Klaim Mendagri, Fahri Hamzah: Prabowo Lah Promotor UU Desa, Bukan Jokowi

Baca Juga:   Pemberontak Papua Bunuh 31 Pekerja Proyek Jembatan Trans Papua

“Sekarang ini ada pengaduan kepada kami sebanyak 5 desa. Lima desa ini ada pengaduan dari masyarakat terkait pelaksanaan kinerja dalam pengelolaan dana desa oleh masing-masing kepala desa,” jelas Made.

Made juga menjelaskan adapun kelima desa yang diadukan masyarakat itu, dantaranya Desa Mbatapuhu di kecamatan Hahar berupa pengaduan penggunaan anggaran dana desa dari Tahun anggaran 2016 sampai Tahun Anggaran 2018. Desa Katikuwai Kecamatan Matawai La Pawu terkait anggaran 2016 sampai 2017.

Baca Juga:   Beri Kuliah Umum di UNIRA Malang, Menteri Desa: Penyerapan Dana Desa Maksimal Karena Ketatnya Pengawasan

Selain itu, Desa Bidipraing Kecamatan Lewa Tidahu berupa pengolaan dana desa Tahun Anggaran 2017 dan Tahun Anggaran 2018. Desa Marada Mundi Kecamatan Kambata Mapambuhang, dan Desa Kananggar Kecamatan Paberiwai pengaduan berupa pengelolaan anggaran dana desa Tahun 2017 dan Tahun 2018.

Made juga menjelaskan, sehubungan dengan pengaduan masyarakat ini, pihak Kepolisian dari Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) mengambil langkah dengan melakukan koordinasi dengan Inspektorat Kabupaten Sumba Timur.

Baca Juga:   Viral, Soal UAS Fisika di SMA Cirebon Ini Dibikin Kocak Biar Nggak Pusing

Sementara ini pihak Inspektorat sedang melakukan pengauditan keuangan dana desa atas pengaduan masyarakat di masing-masing desa itu. Seperti dikutip dari Poskupang.

“Kelima desa tersebut baru ada pengaduan dari masyarakat. Sementara ini pihak Inspektorat sedang melakukan pengauditan keuangan dana desa atas pengaduan masyarakat di masing-masing desa itu. Jadi sampai dengan saat ini kita belum dapat hasil audit dari Inspektorat terkait berapa kerugiannya,” jelas Made.

Baca Juga:   Terungkap! Kena OTT KPK, Bupati Cianjur Ternyata Ayahnya Pendukung Jokowi, Simak Videonya!

Made juga mengatakan, terkait pengelolaan dana desa sebenarnya sudah dilakukan pendampingan oleh Pihak Kepolisian dari Polres Sumba Timur dan pihak Kejaksaan sejauh ini. Tetapi tidak semua kepala desa atau aparat desa yang datang melakukan konsultasi atau minta pendampingan terkait pengelolaan dana desa ini, mereka bekerja dengan sendiri-sendiri.

Meskipun begitu, kata Made, pihaknya tetap melakukan pemantauan dan pengawasan terkait pengelolaan dana desa di setiap desa.

“Kita tetap melakukan pemantauan dan pengawasan terkait pengelolaan dana desa ini,” tandasnya. (sta)

Baca Juga:   Personel Gabungan Selidiki Informasi KKB Bunuh Pekerja Jembatan Trans Papua

Kontributor

More in Nusantara

error: Dilarang copy paste tanpa izin!