Connect with us
Dibaca: 2.760

Teknologi

Benarkah Pak Jokowi Gunakan Alat Bantu Ketika Debat Kedua? Simak Penjelasannya

Debat Kedua untuk Calon Presiden Pemilu 2019 dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/02/2019). Foto: Swararakyat

SWARARAKYAT.COM – Setiap kali acara debat capres usai ada saja keganjilan yang ditemukan oleh publik khususnya warganet. Tadi malam Minggu (17/02/2019) KPU RI telah selesai menghelat acara debat kedua di Hotel Sultan, Jakarta yang dihadiri hanya oleh calon presiden.

Jagat maya ramai mempertanyakan perihal alat apa yang dipakai oleh calon presiden 01 Pak Jokowi. Dia tampaknya selama acara berlangsung, terutama ketika sedang menjawab pertanyaan, sering memencet sebuah alat yang digenggam pakai tangan kirinya.

Baca Juga:   Meski Dibantah, Video Percakapan Luhut dan Sri Mulyani Viral, Arahkan Pose Satu Jari di IMF-WB

Sebuah alat yang ketika diperhatikan mirip pulpen. Tak jarang pula ketika memencet alat itu pak Jokowi berulang kali menyentuh kuping kiri dengan jari telunjuk.

Mari kita perhatikan unggahan dari netizen di akun facebook Gerakan Tolak Ahok pada Senin (18/02/2019). Dalam video berdurasi 20 detik tampak cukup jelas pemakaian alat dimaksud.

Masyarakat dibuat bertanya-tanya alat apa gerangan yang digunakan Pak Jokowi? Netizen juga tak kalah sibuknya menganalisis bak seorang ahli.

“Kegelisahan Jokowi dalam debat capres II diperlihatkan dengan sering memencet pencet ballpoint dan sering memegang telinganya. Menurut teman2 ada apa ya?,” begitu tulisnya.

Baca Juga:   Jokowi dan PDIP Tidak Akan Menang di Jawa Barat

Sebagian warganet ada yang berasumsi itu adalah alat komunikasi nirkabel. Dimana pulpen sebagai pengendalinya terhubung dengan sebuah mikrofon mini yang ditanam kedalam liang telinga.

Katakanlah asumsi itu benar, lantas seperti apa pulpen GSM digital ini dan bagaimana cara kerjanya.

Dikutip dari wholesaleplusltd.com tersedia dalam katalog produknya suatu alat komunikasi yang dinamakan GSM pen atau pulpen GSM berbasis kartu seluler.

Pulpen GSM ini bisa menjalankan komunikasi 2 arah. Fitur yang dimiliki pulpen yakni slot untuk kartu seluler, mikrofon telinga (earpiece), pulpen, charger, dan kabel data.

Pulpen digital berbasis jaringan seluler bisa menerima dan mengirim informasi dua arah. Ketika dibutuhkan si pengguna dapat memberikan perintah dengan memencet tombol yang terdapat di bagian atas pulpen. Informasi yang dia butuhkan langsung bisa didengarkan dengan suara sangat jelas melalui mikrofon mini (earphone) yang telah terpasang dalam liang telinga.

Baca Juga:   Penelusuran Pabrik Mobil Esemka di Bogor, Hasilnya Mengejutkan!

Sebelumnya di rapat-rapat persiapan debat kedua di KPU RI kubu capres 02 pernah menyoal adanya pemisahan tabung dan bola pertanyaan untuk capres. Tapi realisasi nya saat debat hal itu terjadi.

Terkait dengan dugaan pemakaian alat bantu komunikasi oleh capres 01 pak Jokowi disayangkan oleh banyak kalangan.

Baca Juga:   Pelajar Bengkulu Ciptakan Aplikasi Edukasi Budaya Lokal

Mengenai kegaduhan ini belum ada keterangan apapun dari KPU RI sebagai panitia pelaksana debat capres.

Namun warganet ujug-ujug sudah melemparkan sejumlah spekulasi mereka.

Agus Ilham menulis: BPN harusnya memeriksa telinga jokowi, ada earphone atau tidak, jika ada, patut dipertanyakan untuk apa itu earphone, cek juga pulpen yang dipegang Jokowi.

Yeni Mardelis menulis: saya juga agak janggal ngelihatnya tadi.

Esthy Locha menulis: pantesan dia lancar dasar bangke penipu.

Baca Juga:   Bela Jokowi, TKN Jokowi: Saya Yakin Prabowo Kalau Ditanya Soal Grasi Juga Enggak Tahu

Fendi Prastyo menulis: Orang seperti inikah dianggap pinter dan menguasai data ujung-ujungnya memakai alat, memalukan pimpinan tertinggi kok selalu begitu malu malu maluiin..

Kifly Simanjuntak menulis: Apakah ini jawaban dari kenapa dia sering gagu jawab pertanyaan?

Sementara netizen lain, masih belum percaya soal ini dan menunggu klarifikasi dulu dari pihak terkait.

Reza Hehanusa Nusa menulis: Kita tunggu klarifikasinya yah.

(sta)

More in Teknologi

error: Dilarang copy paste tanpa izin!