Besok Jokowi Groundbreaking Proyek IKN

SWARARAKYAT.COM – Besok, Rabu (20/12/2023), Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan kembali melaksanakan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Ya, besok pagi saya akan laksanakan beberapa groundbreaking dari swasta dan dari lembaga pemerintah,” kata Jokowi usai meresmikan Jembatan Otista, Selasa (19/12/2023).

Jokowi menyebut, proses groundbreaking besok akan melibatkan sejumlah institusi swasta hingga pemerintah yang bakal membangun fasilitas penunjang di IKN.

Sedikit memberi gambaran, Jokowi menjelaskan bahwa groundbreaking proyek besok dilaporkan akan melengkapi fasilitas di IKN yang bergerak pada bidang bisnis, kesehatan, hingga olahraga.

Baca Juga: Posisi Utang Pemerintahan Jokowi Tembus Rp8.041 Triliun

“Dan setiap bulan kalau ada yang antri, kalau sudah banyak, ya kita groundbreaking untuk memberi semangat pada yang lain untuk segera memulai,” pungkasnya.

Sebelumnya, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menjelaskan rencana groundbreaking investasi tahap 3 di IKN memang dijadwalkan akan digelar pada 20 – 21 Desember 2023.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN, Agung Wicaksono, menjelaskan groundbreaking tahap 3 difokuskan untuk beberapa pembangunan seperti reboisasi area sumbu kebangsaan, pembangunan properti, transportasi listrik, rumah sakit dengan target mendekati Rp10 triliun.

”Dalam fase ini juga dilaksanakan groundbreaking oleh investor lokal asal Kalimantan,“ ujar Agung.

Lebih rinci Agung menjelaskan, groundbreaking tahap 3 di IKN bakal difokuskan pada sektor ruang hijau, kelengkapan ekosistem sumbu kebangsaan, dan lembaga negara dengan pendanaan non-APBN.

Di samping itu, Agung juga memberi sinyal bahwa groundbreaking pada tahap ini merupakan komitmen kuat dari investor lokal maupun internasional terbaik yang selaras dengan visi dan misi untuk membangun masa depan di IKN. (SR/Arum)