Connect with us
Dibaca: 116

Pemilu 2019

BPN Klaim Elektabilitas Prabowo-Sandi Unggul Tipis dari Jokowi-Ma’ruf

Hasil Survei Internal BPN Prabowo-Sandi

Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. Foto: Ist

SWARARAKYAT.COM – Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Suhud Alynudin mengklaim, bahwa elektabilitas pasangan Capres-Cawapres yang diusungnya telah menyalip pasangan Jokowi-Ma’ruf.

Menurutnya, seperti dikutip dari Tribunnews, pasangan Prabowo-Sandi kini unggul tipis dari pasangan petahana.

Baca Juga:   Kupon Sembako Murah Jokowi-Ma'ruf, Koordinator Acara: Sudah Konfirmasi ke Bawaslu, Ini Bukan Pelanggaran

Baca Juga:   Ini Bukti Dugaan KPU Memihak Kepada Salah Satu Paslon

Oleh karena itu menurut Suhud hasil akhir Pemilu Presiden 2019 akan ditentukan oleh hasil di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Penentu hasil akhir akan ditentukan pertarungan di Pulau Jawa. Terutama Jawa Tengah dan Jawa Timur. Oleh karena itu kami memindahkan posko pemenangan untuk memastikan kemenangan di Pulau Jawa,” katanya Jumat, (8/3/2019).

Baca Juga:   Prabowo: "Pemerintahan Prabowo Sandi Akan Menjamin Sepenuhnya Kebebasan Pers dan Demokrasi"

Selain itu hasil akhir Pemilu Presiden, akan ditentukan oleh hasil Debat Ketiga, Keempat dan Kelima yang diselenggarakan oleh KPU. Debat tersebut akan mengubah perepsi masyarakat terhadap pasangan Calon.

“Kami juga akan berjuang memastikan swingvoters tidak golput dan menjatuhkan pilihan ke pasangan Prabowo-Sandi,” katanya.

Baca Juga:   Gabungan Pekerja dan Buruh Dukung Jokowi-Ma'ruf, Ini Alasannya!

Sebelumnya, Suhud menyebut bahwa hasil survei elektabilitas Capres-Cawapres Pemilu 2019 yang dilakukan oleh SPIN tidak jauh berbea dengan survei internal BPN. Adapun hasil survei SPIN elektabilitas Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi hanya terpaut 8 persen.

“Hasil survei SPIN memiliki kemiripan dengan hasil internal kami. Namun, hasil survei internal kami elektabilitas Prabowo-Sandi memasuki bulan Maret sudah unggul tipis,” ujar Suhud.

Baca Juga:   Jelang Debat Cawapres, Kyai Ma'ruf Amin Jalani Latihan Khusus

Suhud mengatakan secara keseluruhan survei menunjukan bahwa elektabilitas Jokow-Ma’ruf stagnan pada angka 50 persen. Sementara itu tingkat keterpilihan Prabowo-Sandi terus bergerak naik.

Suhud menambahkan naiknya elektabilitas Prabowo-Sandi, disebabkan oleh berubahnya sikap swingvoters yang disebabkan oleh intensifnya kampanye Sandiaga Uno.

Baca Juga:   Cerita Dibalik Penambahan Angka Nol Didepan Nomor Urut Paslon, Dahnil: Kubu Jokowi Minta Persetujuan Prabowo

“Sebaliknya trend elektabilitas. Prabowo-Sandi yang terus naik yang disebabkan oleh kampanye yang dilakukan oleh Pak Sandi Uno. Jarak selisih yang tidak terlampau besar, yang kemungkinan akan berubah oleh sikap pilihan dari swing voters di saat pencoblosan,” katanya.

Hal senada diungkapkan oleh juru bicara BPN, Dahnil Anzar Simanjuntak. Ia mengatakan bahwa di bulan Maret ini, tingkat keterpilihan Prabowo-Sandi, menyalip Jokowi-Ma’ruf.

“Survei internal, kita sudah crosing, sudah unggul,” pungkas Dahnil. (sta)

Baca Juga:   Sebelum Debat, Sandiaga Uno Tuai Pujian Warganet, Karena Ini!

More in Pemilu 2019

error: Dilarang copy paste tanpa izin!