Daerah  

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM menutup secara resmi event Alek Pacu Jawi.

SWARARAKYAT.COM, Sumbar – Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM menutup secara resmi event anak nagari Alek Pacu Jawi, yang digelar di Sawah Banda Bawah, Jorong Monas, Nagari Sawah Tangah, Kecamatan Pariangan, Sabtu (3/2/24).

Dalam acara penutupan tersebut lengkap hadir anggota DPRD Sumbar Arkadius Dt. Intan Bano dan Budiman Dt. Malano Garang, Ketua DPRD Tanah Datar H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu dan Wakil Ketua Saidani, pimpinan OPD, Camat dan Wali Nagari se kecamatan Pariangan, pengurus PORWI Tanah Datar, angku-angku, niniak mamak, tokoh masyarakat dan seluruh pecinta olahraga pacu Jawi.

Bupati menyampaikan apresiasi luar biasa dan kebanggaan atas terlaksananya event anak nagari Alek Pacu Jawi di sawah banda bawah nagari Sawahtangah , dengan aman, lancar dan meriah, serta banyak dikunjungi masyarakat.

Alek Pacu Jawi  merupakan event wisata di awal tahun 2024. Saya melihat antusias masyarakat untuk menyaksikannya sangat luar biasa, bahkan hari ini juga dikunjungi dari wisatawan mancanegara dan perantau,” sampainya.

Dikatakan Bupati, Alek Pacu Jawi merupakan event wisata di Tanah Datar yang sudah menjadi tontonan dan kunjungan wisata domestik dan luar negeri yang dilaksanakan konsisten setiap hari Sabtu.

Kegiatan Pacu Jawi ini merupakan salah satu olahraga budaya tradisi yang masih ada dan menjadi program unggulan kami di Kabupaten Tanah Datar. Ini program kebanggaan kami, bahkan pengunjungnya sangat ramai. Mudah-mudahan olahraga Pacu Jawi ini juga meningkatkan wisatawan dan ekonomi masyarakat di Nagari tempat lokasi Pacu Jawi tersebut.

Untuk itu, tambah Bupati, Alek Pacu Jawi yang menjadi salah satu objek kunjungan wisatawan di Kabupaten Tanah Datar, harus terus dilestarikan untuk masa-masa yang akan datang.

Sebelumnya, Ketua Porwi Tanah Datar A Dt Indomo menyampaikan terima kasih atas kesempatan Bupati Eka Putra untuk menutup Alek Pacu Jawi Nagari Sawah Tangah. “Terima kasih pak Bupati untuk menutup alek Nagari ini. Alhamdulillah sudah 5 kali hari Sabtu semenjak 6 Januari kemarin kita laksanakan dengan aman dan lancar. Terima kasih atas dukungan semua pihak dalam menyukseskan kegiatan ini,” sampainya.
Ketua Porwi katakan, untuk event Alek Pacu Jawi di awal tahun 2024 sudah ditutup dan akan dilaksanakan kembali usai bulan Ramadhan, yang akan dilanjutkan sesuai giliran mulai dari Kecamatan Pariangan, Lima Kaum, Sungai Tarab, Rambatan dan kembali ke Pariangan.

Wali Nagari Sawah Tangah juga menyampaikan hal hampir sama. Menurutnya, alek pacu Jawi merupakan kebanggaan masyarakat dan akan terus dilestarikan dan dipertahankan ke depannya. (HAQ)