Connect with us
Dibaca: 169

Nusantara

Duh! Belum Sempat Digunakan, Kotak Suara Kardus KPU Bantul Ini Sudah Rusak

Kotak Suara Kardus KPU Bantul - Foto: Detik

SWARARAKYAT.COM – Pemilihan Umum 2019 tinggal hitungan bulan namun polemik baru malah menyeruak. Saat ini yang banyak menjadi perbincangan tentu saja masalah kotak suara kardus yang akan digunakan untuk menyimpan suara.

Banyak yang menilai material kardus untuk kotak suara sangat rawan bila dibandingkan dengan alumunium. Kekhawatiran perihal ini pun sampai mengusik kubu oposisi. Direktur Relawan BPN Prabowo-Sandiaga, Ferry Mursyidan Baldan pun melontarkan sindiran.

“Jangan sampai terkesan bahwa terfasilitasi untuk (berbuat curang), kotak itu kan berfungsi menyimpan dan mengamankan surat suara. Jika terjadi apa-apa, ketika terbuat dari kardus, kerawanannya bagaimana, carilah yang lebih aman. Tadi saya menyindir mbok ya jangan begitulah,” ujarnya seperti dikutip dari detik.com (17/12/2018).

Baca Juga:   Karena Sudah 19 Tahun Negeri Liang Tanpa Raja, Saniri Liang Desak Bupati Malteng Percepat Raja Definitif

Kekhawatiran dan kritikan yang ada harus menjadi pertimbangan, sebab baru saja kejadian, sebelum digunakan kotak suara kardus ternyata sudah rusak.

Ini terjadi di KPU Bantul DIY, yang belum lama ini menerima distribusi dari KPU RI. Kotak suara yang diterima ternyata rusak karena basah saat pengiriman.

“Itu (rusak) karena basah pada saat pengiriman. Jadi saat pengiriman (dengan transportasi darat) itu kemungkinan terbuka kemasannya dan saat diterima kondisinya memang sudah tidak bisa digunakan,” ujar Didik Joko Nugroho selaku Ketua KPU Bantul seperti dikutip dari cnnindonesia (17/12/2018).

Baca Juga:   Polisi Tetapkan 2 Tersangka Kasus Pesta Mesum Sleman

Padahal sebelumnya kotak suara kardus disebut-sebut sudah teruji dan kedap air. Ketua KPU, Arief Budiman pun sudah menegaskan daya tahannya pada hari Jumat (14/12/2018) kemarin.

“Kita sudah pakai kotak pakai karton kedap air 5 tahun lalu. Dulu sebagian, terakhir udah semua setiap ada pemilu pakai itu,” ujarnya.

Baca Juga:   Lihat! Warga Korban Gempa Kesulitan Terima Bantuan Gara-gara Terhambat KTP

Jika benar-benar rusak karena basah, maka akan menjadi masalah serius dalam penyelenggaraan pemilu tahun depan.

Sebab berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) nomor 15 tahun 2018 tentang Norma, Standar, Prosedur Kebutuhan Pengadaan dan Pendistribusian Perlengkapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum pada pasal 7 menyebutkan jika: Kotak suara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1) terbuat dari bahan karton kedap air yang pada satu sisinya bersifat transparan.

More in Nusantara

error: Dilarang copy paste tanpa izin!