Ganjar Siap Usir TKA China, Jika SDM Dalam Negeri Memadai

FOTO: Ganjar Pranowo saat memberi kuliah kebangsaan di Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) (Sumber: Akun X Ganjar)

SWARARAKYAT.COM – Bakal Calon Presiden (Bacapres) PDIP Ganjar Pranowo menegaskan siap pulangkan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China.

Tetapi Ganjar memberi syarat jika sumber daya manusia didalam negeri sudah memadai.

Pernyataan itu disampaikan Ganjar saat memberi kuliah kebangsaan di Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), bertajuk “Hendak Kemana Indonesia Kita?”.

“Jangan ada yang teriak-teriak ya, itu banyak pegawai China, diusir pak. Ya sudah kita usir besok pagi, tapi kamu bisa gantikan enggak?” ujar Ganjar, Senin (18/9).

Baca Juga: Mantan Stafsus SBY Usulkan Soekarwo ke Mega Sebagai Cawapres Ganjar

Belajar dari pengalaman selama memimpin Jawa Tengah, Ganjar mengaku tak ingin bertele-tele membicarakan masalah tersebut jika tak ada orang yang bisa menggantikan tenaga asing.

“Kalau saya bicara blak-blakan. Enggak ada kita bicara ‘oh iya ya nanti kita bicarakan’, kesuwen (kelamaan). Itu namanya ora (tidak) sat set,” katanya.

Ganjar mengatakan pemimpin bukan malaikat yang bisa menyelesaikan semua masalah dengan sempurna. Meski demikian, Ganjar mengatakan bahwa pemimpin harus memberikan optimisme lewat data dan fakta.

Baca Juga: Kenakan Baju Motif Garis-garis, Ganjar Tiba di Kampus UI

“Pemimpin harus memberikan optimisme. Data dan fakta boleh disajikan, dan pemimpin bukan malaikat yang bisa menyelesaikan dengan seluruh kesempurnaan,” ujarnya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu tak membantah sejumlah masalah yang masih dihadapi Indonesia saat ini, seperti korupsi hingga layanan publik yang buruk.

“Hari ini saya sampaikan, Indonesia tidak terlalu buruk. Track record-nya sudah jelas, bahwa ada problem korupsi iya bahwa ada problem pelayanan buruk, ya nanti kita diskusikan,” ucapnya.(red)