Connect with us
Dibaca: 299

Nusantara

Gubernur Papua: Awasi! Dana Desa Banyak Dipakai Hura-Hura di Jakarta, Pulang ke Kampung Bawa Penyakit

Gubernur Papua Lukas Enembe khawatirkan perilaku menyimpang kepala desa. Foto: dok.Jubi

SWARARAKYAT.COM – Gubernur Papua, Lukas Enembe khawatir atas dana desa. Dia menilai aliran Dana Desa ke kampung yang mencapai Miliaran Rupiah bisa jadi masalah baru.

Dilansir dari jubi.or.id, Lukas Enembe menyampaikan bahwa dana desa jadi pintu utama penyakit menular seksual merambat ke kampung. Orang kampung sudah tidak bebas lagi penyakit menular seksual (pms) yang awalnya masuk ke Papua di wilayah kota.

“Ini (HIV/AIDS) membahayakan orang kampung karena uang banyak,” ungkap Lukas Enembe, Gubernur Papua dalam arahannya kepada 5 ribu relawan pada Jumat (15/02/2019) di Taman Budaya Waena, Kota Jayapura, Papua.

Dana desa dari berbagai sumber yang masuk ke kampung mencapai angka miliar. Uang dengan nilai itu membawa kepala kampung ke kota. Mereka berkeliaran menikmati keramaian dengan dana kampung di kota tanpa sadar.

“Semakin banyak dana desa, makin banyak orang desa ke kota. Berbulan-bulan di kota, di Jakarta,” ungkap Enembe.

Kata dia, kalau para aparat kampung kena penyakit menular seksual saat ini, kepala desa sebagai pintu masuk penyakit itu. Karena hanya para aparat kampung yang lebih banyak ke kota membawa dana desa.

“Kalau kena itu, kepala desa yang bawa. (Orang) desa sudah banyak yang kena penyakit AIDS/HIV,” ujarnya.

Karena itu, Enembe mengatakan akan berbicara kepada kepala daerah kabupaten kota di provinsi Papua. Supaya para kepala daerah atur penyaluran dan pengunaan anggaran desa sesuai aturan.

“Kontrol APBD supaya tidak disalahgunakan dananya,”ujar Enembe.

Kalau dibiakkan, Kata dia, peluang orang kena penyakit menular seksual makin besar. Apa lagi dengan aturan yang baru, kepala kampung akan diberikan gaji setiap bulan. (wan)

Baca Juga:   Pembekalan Relawan Jokma di Aceh Sepi, Jokowi Batal Hadir, Netizen: Acara Diganti Ngopi Bareng

More in Nusantara

error: Dilarang copy paste tanpa izin!