Connect with us
Dibaca: 181

Politik

Hapus 600 Ribu DPT Ganda, KPU Tingkatkan Kualitas DPT

Kantor KPU, Jl. Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat

SWARARAKYAT.COM-JAKARTA –
Sesuai dengan pembahasan dalam rapat pleno Daftar Pemilih Tetap (DPT) Hasil Perbaikan (DPTHP) pemilu 2019 kemarin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melakukan penyempurnaan secara menyeluruh terkait Data DPT Ganda.

Komisioner KPU Viryan Azis mengatakan, pihaknya telah menghapus 600 ribu DPT dari pemilih ganda. Hal itu dilakukan demi meningkatkan kualitas DPT dengan semangat DPT bersih.

“Kami aka membuat beberapa kegiatan yang bertujuan untuk peningkatan kualitas daftar pemilih. Dengan semangat DPT bersih melayani selamatkan hak pilih warga negara,” ujar Viryan di KPU, Senin, (17/9/2018).

Baca Juga:   Pakar Hukum dan Politisi PDIP Debat Pasal Makar, Ngabalin Pilih Tutup Telinga

Menurut Viryan, perubahan DPT tersebut dilakukan setelah pihaknya bersama dengan sejumlah partai politik melakukan penyisiran ulang.

“Total data yang dihapus dengan penetapan kemarin (data awal DPT) 185.732.093 menjadi di bawah itu, kurang lebih 600 ribu itu pemilih ganda yang sudah dihapus,” jelasnya.

Link Banner

60 hari ke depan, sambung dia, pihaknya akan melakukan penguatan dalam menajemen. Proses sistem informasi dan juga koordinasi dengan berbagai pihak.

Sebelumnya, Bawaslu merekomendasikan KPU menunda rekapitulasi DPT Pemilu 2019 karena masih ditemukan data ganda sebanyak 131 ribu.

Baca Juga:   Ferdinand: Bung Karno Pernah Cerai, Apakah Disebut Tak Mampu Urus Negara?

“Dari 76 kabupaten/kota (15 persen) yang sudah melaporkan, terdapat pemilih ganda sebanyak 131.363,” ujar Ketua Bawaslu Abhan, di Jakarta, Rabu 5 September 2018.(Arum)

Advertisement

Penulis

More in Politik

error: Dilarang copy paste tanpa izin!