Connect with us
Dibaca: 657

Nasional

Heboh! Ahoker Ini Ternyata Pendukung Gerakan Papua Merdeka

FOTO: Veronica Koman Liau (dok. Twitter)

SWARARAKYAT.COM – Kasus “penodaan agama” mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) membawanya kebalik jeruji besi selama dua tahun.

Melalui putusan, Hakim menyatakan Ahok terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 156a KUHP tentang penodaan agama.

Pasca Ahok dipenjara, para pendukung Ahok atau biasa disapa Ahoker kecewa. Mereka melakukan sejumlah aksi simpati terhadap Ahok.

Baca Juga:   Setelah Lihat Video Ini, OPM Diminta Pikir Seribu Kali Lawan Banser

Namun aksi yang paling menghebohkan adalah aksi menuntut pembebasan Ahok didepan Rutan Cipinang, Selasa (9/5/2017) silam.

Kemunculan Veronica Koman Liau mencuri perhatian publik dalam aksi demonstrasinya. Vero, sapaan akrab Veronica, dengan lantang menyatakan bahwa rezim Joko Widodo (Jokowi) lebih parah dari rezim Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Video aksi Vero menjadi viral di media sosial hingga membuat panas telinga pemerintah. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo geram atas pernyataan Vero.

Baca Juga:   KPK Tetapkan Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan Sebagai Tersangka

“Saya segera akan kirim surat kepada dia. Dalam waktu satu minggu harus mengklarifikasi apa maksud pernyataan terbukanya,” kata Tjahjo, Kamis (11/5/2017) silam dikutip dari sumber media.

Bahkan Mendagri kala itu mengancam akan polisikan Vero, apabila tidak segera mencabut pernyataannya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Vero merupakan perempuan kelahiran Medan, 14 Juni 1988. Dia meraih gelar sarjana hukum dari kampus swasta kenamaan di Jakarta.

Ternyata, Vero diketahui memang aktif dalam dunia aktivis. Bahkan dia merupakan pengacara publik yang kerap berhubungan dengan isu-isu Papua, pengungsian internasional dan pencari suaka.

Baca Juga:   Advokat Senior Tantang Prof. Romli Atmasasmita Buktikan HTI Pengkhianat Pancasila

Dukung Papua Merdeka

Nama Veronica Koman kembali ramai dibicarakan di media sosial Twitter. Hal itu bermula dari postingan Pegiat Media Sosial, Eko Kuntadhi.

Link Banner

Eko memposting gambar yang diduga sebagai Vero tengah mengenakan baju bertuliskan “Free West Papua” dan membentangkan bendera “Bintang Kejora” Organisasi Papua Merdeka (OPM). OPM adalah gerakan separatis yang ingin Papua lepas dari Indonesia.

Postingan akun Twitter @eko_kuntadhi, Eko mempertanyakan kicauan-kicauan Vero di media sosial apakah untuk memperjuangkan kemerdekaan Papua?

“Apakah ini foto Anda @VeronicaKoman ? Jadi apa yang Anda cuitkan selama ini tujuannya untuk gerakan sparatis Papua Merdeka?,” tulis Eko pada Senin (10/9/2017).

Cuitan Eko diserbu komentar dari warganet. Tampak ada ratusan komentar membanjiri postingan Eko. Bahkan ribuan kali di retweet oleh warganet.

@J_Aryoko: “Masih muda tapi sudah kehilangan rasa bela negara.
Saya tidak bisa membayangkan seperti apa masa tuanya, selain harta yang mungkin dia miliki.
Tapi yang jelas dia telah mencetak blue print hidupnya menjadi manusia yang tidak pernah mencintai Indonesia”. (Ren)

Advertisement

Penulis

More in Nasional

error: Dilarang copy paste tanpa izin!