“Hilang Etika Bernegara”, Ketua Dewan Guru Besar UI: Indonesia Sudah Kehilangan Kemudi

SWARAWAKYAT.COM – Ketua Dewan Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Prof Harkristuti Harkrisnowo menegaskan bahwa Indonesia sudah kehilangan kemudi akibat kecurangan dan perebutan kekuasaan.

“Negeri kami nampak kehilangan kemudi, akibat kecurangan dalam perebutan kuasa, nihil etika, menggerus keluhuran budaya dan moral bangsa. Kami warga dan alumni UI prihatin atas hancurnya tatanan hukum dan demokrasi,” kata Harkristuti di acara Deklarasi Dewan Guru Besar UI atas politik Indonesia menjelang Pemilu 2024, Jumat (2/2/2024).

Menurutnya, yang terjadi saat ini telah hilang etika bernegara dan bermasyarakat terutama korupsi, kolusi, dan nepotisme yang telah menghancurkan kemanusiaan serta merampas asas keadilan pada kelompok-kelompok miskin terhadap berbagai hak yang berkaitan dengan kelayakan hidup.

Dia mengatakan bahwa sudah geram dengan tindakan para elit politik yang mengingkari sumpah jabatan, untuk menumpuk harta pribadi.

“Kami resah dan sekaligus geram atas tindak para pejabat, elit politik dan hukum yang mengingkari sumpah jabatan mereka untuk menumpuk harta pribadi, menumpuk kekuasaan, membiarkan negara tanpa pengelola dan digerus korupsi yang memuncak menjelang Pemilu,” ucapnya. (SR/Arum)