Connect with us
Dibaca: 207

Nasional

HMI Milad ke 72, Komitmen Kawal Independensi dan Gelar Lomba Berhadiah Tur Keluar Negeri

Milad HMI ke 72 - Istimewa

SWARARAKYAT.COM – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dalam menghadapi tahun politik 2019 yang sarat kepentingan politik praktis, menegaskan akan tetap menjaga independensi secara organisatoris.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Pengurus Besar HMI (PB HMI), Respiratori Saddam Al Jihad, kepada wartawan usai menghadiri acara tasyakuran Milad HMI ke 72 sekaligus launching film pendiri HMI, Prof. Drs. H. Lafran Pane.

Baca Juga:   Badko HMI Sumut Janji Jadi Garda Terdepan Kawal Pemerintahan

Acara launching dan nonton bareng film Lafran Pane digelar oleh tokoh alumni HMI, Ir. H. Akbar Tanjung di kediamannya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (5/02/2019).

“Saya menegaskan bahwa PB HMI akan menjaga independensi organisasi, untuk tidak memihak salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden pada pemilu 17 April mendatang,” tegas Saddam.

Ia menambahkan dalam Anggaran Dasar HMI Pasal 6 telah jelas ditentukan bahwa HMI bersifat independen.

“Oleh karena itu tidak ada alasan bagi HMI untuk terlibat kegiatan politik praktis, mendukung salah satu calon presiden dan calon wakil presiden,” ujarnya.

Baca Juga:   Sandiaga Dilebeli Ulama, Begini Tanggapan Fahri Hamzah

Saddam mengatakan independensi HMI harus selalu dijunjung tinggi mulai dari tingkat Komisariat, Koordinator Komisariat (Korkom), Cabang, Badan Koordinasi (Badko) dan PB HMI. Termasuk lembaga-lembaga semi otonom yang dimiliki oleh HMI baik untuk tingkat daerah dan pusat.

Ditempat terpisah, untuk menyambut milad HMI ke 72, PB HMI menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti diskusi, jalan sehat dan perlombaan. Ada lomba menulis esai juga untuk seluruh kader HMI seluruh Indonesia.

Baca Juga:   BBM Naik, Badko HMI Sumut Serukan HMI Se-Indonesia Gelar Aksi Pada 20 Oktober

Nantinya seluruh naskah akan dimuat dalam buku bertema ‘Cita HMI Untuk Indonesia’. Lomba esai pesertanya terbuka untuk umum dan lomba membuat video ucapan selamat Milad HMI ke 72.

“Panitia Milad menyediakan berbagai hadiah menarik seperti tur ke Malaysia, uang tunai dan trofi,” ujar Panitia Milad HMI ke 72, Muhammad Naim, di Seketariat PB HMI, Jalan Sultan Agung Nomor 25A, Jakarta Selatan, Selasa (5/02/2019).

Naim mengatakan untuk diskusi nantinya beberapa bidang di PB HMI akan menjadi pelaksana. Sementara untuk kegiatan jalan sehat nanti akan melibatkan alumni yang tergabung dalam Korps Alumni HMI (KAHMI), pelajar dan masyarakat umum.

Baca Juga:   Tempuh Jalur Hukum, HMI dan KAHMI Tuntut Tindakan Represif Polisi di Bengkulu

“Sedangkan untuk puncak acara Milad HMI ke 72 Insya Allah akan diselenggarakan tanggal 27 Februari 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan,” tutup Naim. (dede)

More in Nasional

error: Dilarang copy paste tanpa izin!