Bisnis  

IHSG Ditutup Melemah, Investor Asing Catat Net Sell Rp55,13 Miliar

Foto Ilustrasi

SWARARAKYAT.COM – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 30,49 poin atau 0,44 persen ke posisi 6.896,29 pada perdagagan hari ini, Senin (16/10/2023) dengan saham-saham big cap menjadi sasaran jual investor asing (net sell).

Investor asing hari ini mencatatkan net sell Rp55,13 miliar dengan saham GOTO menempati posisi puncak saham yang paling banyak dilego. Saham emiten teknologi ini pun makin tertekan dengan melemah 1,49 persen pada hari ini ke level Rp66.

Berdasarkan data RTI, Senin (16/10/2023), IHSG turun 0,44 persen pada akhir perdagangan hari ini. Sebanyak 183 saham menguat, 376 saham melemah, dan 204 saham stagnan.

Tim Riset Mandiri Sekuritas menyebutkan penurunan harga saham saat ini tidak sejalan dengan dengan potensi fundamental perseroan.

Baca Juga: Saham GOTO Ditutup Melemah, Kapitalisasi Pasar GOTO Berada di Posisi Rp80,49 Triliun

“Kami tidak melihat ada kekhwatiran terkait fundamental perseroan. Kami juga menilai bahwa terlalu dini menyimpulkan bahwa TikTok Shop bakal masuk lagi ke Indonesia dengan langkah yang lebih agresif, dibandingkan dengan sebelumnya,” yang ditulis oleh Andrian Joezer dan Jennifer Audrey Harjono dari Mandiri Sekuritas, Senin (16/10/2023).

Keduanya menyebutkan data kustodian menampilan data bahwa pemegang saham GOTO di atas 5 persen juga tidak mengalami perubahan hingga kini. Pasalnya, Taobao dan Softbank (SVF) tetap mempertahankan porsi dengan kepemilikan masing-masing 8,72% dan 7,62% saham GOTO.

Sementara itu, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menyampaikan pergerakan IHSG saat ini sedang menunjukkan pola tekanan terbatas.

Namun selama support level terdekat mampu dipertahankan ditengah tekanan yang berlangsung maka pergerakan IHSG masih akan cenderung bergerak sideways.

“Minimnya sentimen yang dapat mendorong kenaikan IHSG serta masih terjadinya capital outflow yang telah tercatat secara ytd masih menjadi tantangan tersendiri bagi emiten yang berada dalam pasar modal,” jelasnya dalam publikasi riset.

William memprediksi IHSG berpotensi bergerak sideways pada Selasa (17/10/2023) di rentang 6.789-6.978. Rekomendasi saham pilihannya adalah BBNI, TBIG, ITMG, BBCA, GGRM, ICBP, ASRI.(SR/Arum)