Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Connect with us
Dibaca: 222

Politik

Ini Bukti Prabowo-Sandi Semakin Yakin Kejar Jokowi Pada Januari 2019

Pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno semakin yakin bisa mengalahkan Jokowi-Amin di Pilpres 2019

Prabowo Subianto

SWARARAKYAT.COM – Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 40% suara dalam survei internal mereka. Sementara itu lembaga survei lainnya juga merilis kajian mereka dengan hasil yang berbeda-beda. Namun ada lembaga survei yang mulai menunjukkan kekuatan Prabowo – Sandi.

“Dari survei kita November kemarin, alhamdulillah Prabowo-Sandi sudah 40 persen, cuma beda 4 persen dari Jokowi,” kata Jubir BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, Jumat (7/12/2018).

Berdasarkan pernyataan Andre itu, Prabowo-Sandi mendapat 40% suara sedangkan Jokowi-Ma’ruf Amin mendapat 44% suara, sehingga total 84%. Sisanya sebesar 16% kemungkinan merupakan swing voters atau belum menentukan pilihan. “Kalau menurut tren, insyaallah Januari nyalip Jokowi,” imbuh Andre.

Baca Juga:   Anggap Wajar Demo Bela Boyolali, Gerindra: Prabowo Tak Ada Niat Menghina

Andre memang tidak menyebutkan apa metode yang digunakan dalam survei internal tersebut. Namun Direktur Pencapresan PKS Suhud Aliyudin membenarkan soal angka hasil survei internal mereka.

Ada beberapa rilis lembaga survei terbaru mengenai Pilpres 2019. Namun hasilnya berbeda dari survei internal BPN Prabowo-Sandi tersebut. Prabowo dan sejumlah kalangan menilai survei itu dibayar oleh kubu Jokowi. Hanya saja dalam perkembangan selanjutnya ada lembaga survei yang mulai memenangkan Prabowo – Sandi. Tak melulu menang Jokowi seperti sebelumnya. Ini bagi Prabowo merupakan gelagat yang baik.

Baca Juga:   Geram! Effendi Ghazali Menyesal Membuat Pemilu Serentak

Elektabilitas Prabowo-Sandi perlahan merangkak naik mengejar Jokowi-Maruf. Terbukti dari hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang dilakukan selama 10-19 November 2018 di 34 provinsi di Indonesia. Di mana Prabowo-Sandi memperoleh elektabilitas sebesar 31,2 persen.

Sedangkan pada survei LSI yang digelar pada 14-22 September 2018, elektabilitas Prabowo-Sandi hanya 25,7 persen. “Saat ini dukungan terhadap Jokowi-Ma’ruf sebesar 53,2 persen, sementara dukungan Prabowo-Sandiaga sebesar 31,2 persen,” kata Peneliti LSI Denny JA, Adrian Sopa. Prabowo-Sandi merangkak naik mengejar Jokowi-Ma’ruf.

Prev1 of 3

Advertisement

Penulis

Advertisement

More in Politik