Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Connect with us
Dibaca: 92

Politik

Jadi Politisi PDIP, Johan Budi: PDIP Antikorupsi, Kena OTT Langsung Pecat

Mantan Juru Bicara (Jubir) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang kini menjabat sebagai Jubir Kepresidenan, Johan Budi Sapto Pribowo (SP) telah resmi memilih PDI Perjuangan sebagai kendaraan politiknya.

Pilhan Johan tentu didasari beberapa penilaian yang memantapkan pilihannya. Salah satunya soal komitmen pemberantasan korupsi. Menurut dia, PDIP memiliki mekanisme tegas dalam upaya perang terhadap korupsi.

Salah satunya, kata Johan, tindakan tegas berupa pemecatan langsung bagi kader yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK.

“Kita bisa melihat bagaimana ketegasan PDI Perjuangan memecat seketika jika ada kadernya yang kena OTT atau tersangka KPK. Partai langsung mengeluarkan surat pemecatan meskipun kasusnya belum berproses di pengadilan,” kata Johan dalam keterangannya, Senin (10/9/2018).

Bacaleg Dapil Jawa Timur VII ini menyebut langkah tersebut sebagai sikap politik PDIP untuk mendukung pemberantasan korupsi.

Dia juga memberi contoh lain bahwa PDIP punya komitmen dalam pemberantasan korupsi, yakni memberi ruang bagi para aktivis antikorupsi masuk ke kepengurusan dan menempati jabatan politik di pemerintahan.

“Itu adalah bagian dari upaya partai membangun dan menguatkan pemberantasan korupsi dari internal organisasi,” ucapnya.

Contoh lain, menurut Johan, PDIP mendukung Peraturan KPU yang melarang pencalonan mantan narapidana korupsi sebagai caleg. Dia juga bercerita soal Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang sangat marah saat ada kadernya yang terlibat kasus korupsi.

“Ibu Mega sangat marah ketika mendengar ada laporan kadernya korupsi, apalagi kena OTT. Maka, Ibu Mega dengan sikap kerasnya itulah yang kemudian melahirkan aturan pecat seketika bagi kader kena OTT KPK,” tutur Johan.

Loading...

Baca Juga:   Kalah di DKI dan Sumut, Djarot Nyaleg, Netizen: Makin Sering Kalah, Makin Semangat, Biar Balik Modal

More in Politik