Connect with us
Dibaca: 321

Politik

Jokowi Sebut “Politikus Genderuwo”, PKB: Mungkin Salah Satunya Pak Prabowo

Presiden Jokowi

SWARARAKYAT.COM – Dalam acara bagi-bagi sertifikat tanah di Tegal, Jawa Tengah, Jumat (9/11/2018), Presiden Joko Widodo atau Jokowi memperkenalkan istilah baru “Politikus Genderuwo”, setelah sebelumnya ada istilah “Politikus Sontoloyo”.

Presiden mengingatkan masyarakat untuk menjaga perasatuan dan kesatuan dan tidak mudah terpengaruh politikus yang suka menakut-nakuti atau yang dia sebut sebagai politikus genderuwo.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan capres-cawapres Jokowi dan KH Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding menilai ucapan capres nomor urut 1 hanya simbolis dan ditunjukan untuk semua orang. 

Baca Juga:   Sudah Akui Bohong, Ratna Sarumpaet Umumkan Mundur dari Timses Prabowo-Sandi

Politikus PKB ini tidak menampik bahwa yang dimaksud oleh Jokowi dengan ‘politikus ‘genderuwo salah satu di antaranya adalah rivalnya di Pilpres 2019, Prabowo Subianto. Namun, dia yakin pernyataan itu sebenarnya ditujukan untuk semua politisi.

“Mungkin salah satu yang dimaksud adalah Pak Prabowo. Tapi menurut saya pernyataan tersebut ditujukan untuk seluruh politisi bahkan seluruh orang,” ungkapnya. 

Baca Juga:   Program Kewirausahaan Terpadu di Pulo Gadung Terus Menggeliat

Karding menjelaskan, rakyat harus diberi pendidikan politik yang baik. Sebab, kata dia, rakyat adalah bagian dari demokrasi Indonesia.

“Pak Jokowi ingin menyatakan kepada kita bahwa politik ini adalah proses demokrasi yang membutuhkan keterlibatan rakyat dalam prosesnya, karena keterlibatan rakyat ini penting karena kita berangkat dari prinsip rakyat berdaulat,” ucapnya. (Ren)

More in Politik

error: Dilarang copy paste tanpa izin!