Jokowi Tegaskan Tidak Mengintervensi Proses Penyusunan Kabinet Presiden Terpilih 2024-2029

SWARARAKYAT.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjamin sebagai capres yang telah mendapatkan lebih dari 50% suara, Prabowo Subianto bisa secara bebas untuk menentukkan siapa saja sosok-sosok terbaik yang akan membantunya di pemerintahan.

Soal kabinet, Jokowi menegaskan bahwa dirinya tidak akan mengintervensi proses penyusunan kabinet presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto.

“Kabinet itu adalah 100 persen hak prerogatif presiden. Kalau usul-usul boleh tetapi itu hak penuh presiden terpilih, kalau minta saran tidak apa-apa, tetapi kalo enggak dimintai saran ikut-ikutan nimbrung itu enggak bisa,” kata Jokowi usai peninjauan Pameran Kendaraan Listrik di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Pandjaitan memberikan pesan kepada presiden terpilih, Prabowo Subianto, untuk menghindari orang-orang yang “toxic” dalam kepemimpinannya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Berencana Menambah Anggaran Pendidikan S2 dan S3

“Saya katakan jangan membawa orang-orang toxic ke dalam pemerintahan Anda, karena itu sangat merugikan kita,” jelas Luhut saat menyampaikan pidatonya di Jakarta Futures Forum pada Jumat (3/5/2024).

Luhut sangat yakin bahwa Presiden terpilih dapat melakukan banyak hal untuk membawa Tanah Air menjadi lebih baik dalam waktu dekat.

Bukan saja itu, Luhut juga mengatakan bahwa pihaknya telah mengenal presiden dan meyakini bahwa kedepannya Indonesia akan menjadi lebih baik.

“Dengan presiden terpilih juga, saya cukup yakin karena saya mengenalnya lebih dari 40 tahun dan saya pikir dia juga sangat berdedikasi dan jangan ragu [kepada presiden terpilih],” jelasnya. (SR/Arum)