Kebakaran Museum Nasional, Pecinta Sejarah Merasa Khawatir, Polisi Periksa 14 Saksi

Ilustrasi, kebakaran melanda Museum Nasional atau Museum Gajah, Jakarta Pusat (Jakpus), Sabtu, 16 September 2023.

SWARARAKYAT.COM – Kebakaran melanda Museum Nasional atau Museum Gajah yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu 16 September 2023 malam, membuat khawatir masyarakat, terutama pecinta sejarah. Hal ini lantaran museum yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat Gambir, Jakarta Pusat itu mengoleksi berbagai benda bersejarah.

Benda-benda bersejarah itu terdiri dari tujuh jenis koleksi yakni prasejarah, arkeologi, masa klasik atau Hindu–Budha, numismatik dan heraldik; keramik; etnografi, geografi dan sejarah.

Atas peristiwa tersebut, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin menyebutkan, telah melakukan pemeriksaan terhadap 14 saksi terkait kebakaran tersebut.

Baca Juga: Motor dan Mobil Listrik Aman dan Ramah Lingkungan, Netizen: Jargon Propaganda

“Saat ini interogasi masih terus dilakukan. Sampai dengan siang hari ini ada 14 (saksi) yang secara bergantian,” kata Komarudin kepada wartawan, Minggu (17/9/2023).

Komarudin mengatakan, 14 saksi yang diperiksa itu terdiri dari petugas keamanan museum hingga pekerja bangunan yang sedang bertugas pada kejadian tersebut.

“itu ada dari sekuriti yang bertugas saat itu. Ada juga petugas pekerja yang memang sedang kesehariannya beraktivitas di museum,” ujarnya.

Selain melakukan pemeriksaan terhadap saksi, Komarudin menuturkan pihaknya juga telah mengamankan CCTV. Nantinya, CCTV itu akan didalami oleh pihaknya.

“Iya ada (CCTV), sudah di beberapa titik yang diamankan. Untuk pastinya nanti setelah terkumpul ya,” imbuhnya.(SR/Arum)