Ketua Harian PTIC Menyayangkan Sikap Senator Bali Yang Marahi Guru Didepan Anak Didiknya

Beredarnya video yang viral atas aksi Arya Wedakarna Senator Bali yang memarahi guru didepan anak didiknya.

Narasi yang ditulis menyebutkan siswa terlambat 3 menit dan guru memberikan tugas menulis sebagai konskwensi keterlambatan kedatangan siswanya. Yang mengakibatkan siswa tidak mengikuti pelajaran sesuai jadwal yang semestinya.

Menanggapi video viral tersebut, Bagus Dibyo Sumantri Ketua Harian Perkumpulan Teacherpreneur Indonesia Cerdas (PTIC) menyayangkan sikap Arya Wedakarna tersebut. Menurut Bagus memarahi guru di depan anak didik sungguh tidak mendidik dan merendahkan martabat guru didepan siswa.

“Sangat disayangkan sikap Pak Arya memarahi guru didepan anak-anak, sangat tidak etis hal tersebut dilakukan dan menjatuhkan martabat guru” Ujar Bagus.

Ditambahkannya bahwa anak-anak membutuhkan role model yang mereka contoh untuk menjadi pembelajaran hidup bagi mereka. Dengan memperlihatkan guru di marahi didepan mereka, maka guru sebagai role model juga tidak lagi menjadi panutan anak-anak.

Bagus juga meminta upaya perlindungan guru menjadi hal penting untuk guru-guru. Selama ini layanan aduan bagi guru yang mendapatkan masalah tentang kasus seperti diatas tidak ada layanan aduan yang disiapkan oleh pemerintah
“Kami mendorong adanya perlindungan bagi guru untuk bisa mendidik anak dengan tenang dan maksimal. Jikalau guru melakukan kesalahan ada mekanisme yang harus di lakukan tanpa merendahkan martabat guru” Ujar Bagus yang juga Penggerak Sekolah Ramah Anak. (rls/by)