Connect with us
Dibaca: 148

Nasional

Ma’ruf Amin Pamit Mundur sebagai Rais Aam di Ponpes Lirboyo

Jakarta,   — Bakal Calon Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin didampingi ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo Kediri Jawa Timur, Senin (3/9).

Dalam kunjungannya ke Lirboyo itu, Ma’ruf Amin sempat meminta doa sekaligus berpamitan untuk mundur dari jabatannya sebagai Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

“Sekaligus pamitan mohon doa, mohon dukungan,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf sempat berbicara dengan Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo KH Anwar Mansyur. Turut hadir dalam pertemuan itu, sejumlah kyai diantaranya KH Anwar Iskandar selaku pengasuh Ponpes Al Amin.

Pertemuan antar tokoh Nahdatul Ulama ini berlangsung tidak begitu lama, sekitar 50 menit.

PBNU belum mengambil sikap setelah Ma’ruf Amin maju sebagai pendamping Joko Widodo di Pilpres 2019. Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj mengatakan pihaknya akan membahas pengganti posisi Rais Aam PBNU yang kini dijabat Ma’ruf Amin setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkannya sebagai cawapres.

Kata Said, kemungkinan, rapat pembahasan soal pengganti Ma’ruf akan digelar 23 September. Belum diketahui juga, apakah Ma’ruf akan mundur atau hanya nonaktif dari PBNU.

Ma’ruf juga mengatakan tujuannya datang menemui pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo tidak lain untuk bersilahturahmi. Disamping silaturahmi, dirinya juga meminta doa sekaligus dukungan di Pilpres 2019.

“Mohon doa, mohon dukungan dan akan terus kita lanjutkan ke Ploso kemudian ke Jomban Tebu Ireng, Tambak Beras,” tuturnya.

Ma’ruf bersyukur karena pada Pilpres 2019 ada keterwakilan dari kalangan kyai, yang dipilih untuk menjadi Wakil Presiden pendamping Joko Widodo.

“Biasanya ada yang dari pengusaha, tentara, dan profesional, tetapi kali ini kyai juga bisa diajak mendampingi Presiden,” katanya.

Pada kunjunganya hari ini di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, KH Ma’ruf Amin sempat didaulat untuk memberikan nasehat ataupun motivasi kepada para santri.

Baca Juga:   Pimpinan KPK Sambut Baik Johan Budi Jadi Caleg 2019

Usai di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, rombongan kemudian melanjutkan kunjunganya ke Ponpes Alfalah Ploso Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri.

Rencananya selain di Kediri, calon wakil presiden tersebut akan melanjutkan safarinya berkunjung ke sejumlah pondok pesantren diberbagai daerah di Jawa Timur.

“Ke Ploso, ke Jombang Tebu Ireng, Tambak Beras. Kemudian juga ke Surabaya nanti malam bertemu dengan Pengurus Wilayah dan Cabang cabang di Jawa Timur. Dan besok saya akan ke Lamongan,” ujarnya.

More in Nasional

error: Dilarang copy paste tanpa izin!