Daerah  

Masyarakat Peduli Pemilu 2024 (MPP 2024) Ario Peringgodany: Indepedensi KPUD Kota Tangerang Dipertanyakan.

Gedung KPUD Tangerang

Memperhatikan keputusan dan pengumuman KPUD Kota Tangerang kami dari Masyarakat Peduli Pemilu 2024, Ario Pringgodany mengucapkan selamat atas terpilihnya Komisioner KPUD Kota Tangerang.

Namun dalam hal penetapan Komisioner KPUD Kota Tangerang, Ario Pringgodany selaku Ketua Masyarakat Peduli Pemilu 2024 (MPP) memberikan catatan adanya dugaan tercium aroma mencurigakan dalam penetapan keputusan Komisioner KPUD Kota Tangerang.

Ario mengatakan, Ada beberapa hal yang menurutnya menjadi catatan kritis berdasarkan data serta informasi dilapangan mengenai adanya salah satu komisioner KPUD Kota Tangerang yang terpilih,yang bahwa yang bersangkutan sebelumnya sudah terdaftar sebagai Bacalon Bawaslu Jakarta Selatan dan juga  terdaftar sebagai pemilih di DPT Jakarta Selatan.

Lanjut Ario, Menjelang pemilihan Komisioner KPUD Kota Tangerang nama yang bersangkutan tiba-tiba terdapat dalam daftar calon komisioner kpud kota tangerang. hal ini tentu menimbulkan kecurigaan dimasyarakat, Ada apa dengan KPUD Kota Tangerang? tegas, Ario.

Sehingga hal ini menurut kami proses seleksi dan penentuan calon komisioner kpud kota tangerang yang dilakukan panitia seleksi terdapat masalah tentu independensinya dipertanyakan. Ujar Ario

Selanjutnya Ario menambahkan, kami juga  memperoleh informasi faktual mengenai simulasi kertas surat suara yang di lakukan KPUD Kota Tangerang hanya terdapat dua paslon capres/cawapres, sedangkan diketahui bersama secara sah KPU Pusat telah menetapkan Tiga pasangan capres/cawapres pada pemilu 2024.

Hal ini pun patut dipertanyakan dan harus dipertanggung jawabkan. secara tidak langsung KPUD Kota Tangerang telah menimbulkan kecurigaan dan perlu menjadi masukan ke  KPU Pusat sesuai dengan undang-undang pemilu 2024 yang transparan dan independen. tegas Ario.

Maka ini harus menjadi perhatian KPU Pusat dan segera melakukan tindakan kongkrit terhadap apa yang terjadi di KPUD kota tangerang. Hal ini juga yang  menjadi pertanyaan bagi kami , apakah ini by design dalam arti adanya arahan dari pihak-pihak tertentu?

Karena mengingat masyarakat semakin dewasa dan kritis , jadi hal-hal ini harusnya tetap menjadi perhatian dalam mengawal independensi KPU dan mengawal Demokrasi Pemilu berjalan baik, tutup Ario