Connect with us
Dibaca: 120

Megapolitan

Mendagri: Izin Anies Sesuai Aturan, Tapi Masalah Pose 2 Jari Itu Urusan Bawaslu

Mendagri Tjahjo Kumolo

SWARARAKYAT.COM – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memastikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajukan izin saat menghadiri Konferensi Nasional Gerindra. Permohonan izin ini sudah sesuai aturan.

“Sudah clear kok itu. (Kalau) soal (pose 2 jari) Bawaslu, beliau sudah mengikuti aturan, itu saja yang penting. Soal ke Bawaslu itu haknya Bawaslu, bukan kepada kami,” ujar Tjahjo di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (19/12/2018).

Sementara soal pose 2 jari, Tjahjo menyebut kewenangan penanganan ranah Bawaslu.

“Itu (Anies) izin menghadiri kegiatan tim sukses, kegiatan satu partai atau gabungan partai politik, atau kegiatan capres-cawapres, kegiatan calon DPR-DPRD, itu saja,” ujarnya.

Baca Juga:   Anies ke Pemkot Bekasi: Mau Selesaikan Baik-Baik atau Ramai di Media?

“(Masalah pose 2 jari) bukan hak kami, itu haknya Bawaslu,” imbuhnya.

Sementara Anies enggan menjelaskan maksud dari gestur salam 2 jari yang ditunjukkan dalam Konferensi Nasional Gerindra dua hari lalu. Anies bahkan sampai 3 kali menggelengkan kepalanya.

Awalnya, wartawan meminta penjelasan Anies soal maksud gestur dua jari tersebut. Tidak ada kata-kata yang terlontar dari mulut Anies. Dia hanya menggelengkan kepala.

Baca Juga:   Minim Pemantau, Bawaslu Berharap Masyarakat Daftar Jadi Pengawas Pemilu 2019

Setelahnya, Anies dimintai tanggapan soal laporan di Bawaslu karena gestur 2 jarinya dianggap berkampanye. Anies menjawab pelaporan itu hak warga negara.

“Nggak ada tanggapan (soal laporan), setiap warga negara boleh melaporkan siapa saja,” kata Anies di Monas, Rabu (19/12). (Ren/detik)

More in Megapolitan

error: Dilarang copy paste tanpa izin!