Connect with us
Dibaca: 171

Ekonomi

Menko Maritim: Pemerintah Akan Dukung Blended Finance Lewat Regulasi

Foto: Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan - Biro Informasi dan Hukum Kemenko Bidang Kemaritiman

SWARARAKYAT.COM – Menko Maritim, Luhut B. Pandjaitan mengatakan dalam rangka mendorong implementasi blended finance sebagai alternatif pembiayaan pemerintah akan membantu dengan pemberian insentif berupa regulasi.

“Pemerintah tentunya akan membantu dengan memberikan insentif yang berupa regulasi. Seperti Perpres tentang sampah dan banyak lagi, ” ujar Menko Luhut saat membuka secara resmi Forum Tri Hita Karana (THK) di Bali pada tanggal (10-10-2018).

Pada forum yang berlangsung hingga tanggal 11 Oktober, akan dipresentasikan proyek-proyek besar, investasi dan komitmen yang terkait dengan agenda Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDGs). 

Baca Juga:   Politisi Hanura: Kita Juluki Prabowo Itu "The Great Sontoloyo"

Menko Luhut mengatakan forum ini dipersiapkan sejak 1.5 tahun lalu saat perkenalan pertamanya dengan metode blended finance (pembiayaan campuran) ini.

“Saat itu akhirnya kami setuju dengan metode pembiayaan ini, karena kami tidak ingin menggantungkan semua biaya pembangunan hanya kepada APBN, terutama dengan yang berhubungan dengan SDG’s. Tidak sedikit proyek-proyek yang akan kita tandatangani di akhir acara ini nanti, dan kebanyakan berhubungan dengan SDG’s seperti lingkungan hidup, sampah laut, sampah plastik, dan lain sebagainya,” ujarnya saat konferensi pers di forum tersebut.

Baca Juga:   Anggota DPR: Jokowi Takutnya Sama Allah, Ayo Umumkan Lahan Jutaan Hektar Milik Taipan, Termasuk Sinar Mas

Dukungan dari pemerintah ini juga disetujui oleh Stewart James, Global Public Affairs of HSBC salah satu partner pada forum ini.

“Tantangan pembiayaannya tidak kecil sehingga untuk memperkecil resiko, kami butuh support dari pemerintah agar metode pembiayaan ini bisa sukses,” ujar Mr. James. 

Baca Juga:   Ahok Sebut Satu Reklamasi Bisa Untung Rp100 Triliun Lebih, Anies: Apakah Mau Negeri Ini Dijual Murah?

Sementara Presiden Yayasan United in Diversity (UID), Mari Elka Pangestu yang menjadi salah satu penyelenggara forum ini mengatakan, kunci dari keberhasilan blended finance adalah kerja sama.

Prev1 of 3

More in Ekonomi

error: Dilarang copy paste tanpa izin!