Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Connect with us
Dibaca: 148

Teknologi

Pabrik Perakit iPhone Bakal Pindah ke Indonesia, Ini Lokasinya!

Pabrik rakitan iPhone asal Taiwan berencana hadir di Indonesia. Ponsel asal negeri Paman Sam ini akan memudahkan para pecinta iPhone di dalam negeri

Ponsel iPhone - Sumber: detik.com

SWARARAKYAT.COM – Perusahaan perakit komponen iPhone asal Taiwan, Pegatron akan investasi di Indonesia. Perusahaan akan mengalihkan sebagian produksinya ke Batam.

Mengutip Nikkei, Jumat (7/12/2018), Pegatron akan mengalihkan sebagian produksinya dari China karena imbas perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. Perusahaan akan mengalihkan produksi non-iPhone yang terkena tarif AS ke sebuah pabrik yang di sewa di Batam dalam enam bulan ke depan.

Salah seorang sumber menyatakan, investasi ini akan dimulai bulan depan dan diperkirakan produksi penuh pada pertengahan tahun 2019.

Baca Juga:   Ini Tiga Program Televisi yang Dianggap Belum Baik oleh KPI

Keputusan Pegatron untuk mengalihkan sebagian produksinya keluar dari China tidak berubah meski dua negara AS dan China memutuskan untuk ‘gencatan senjata’.

“Pertemuan Trump-Xi tidak akan mempengaruhi langkah strategi Pegatron,” kata sumber tersebut.

Sumber lain mengatakan, investasi akan dilakukan bulan ini atau paling lambat awal bulan depan. Menurut sumber, investasi ini tidak bisa ditunda-tunda.

Baca Juga:   Pencetus Mobil Esemka: Mobil Nasional Kok Ambil Sana-Sini, Lalu Ganti Merek Jadi Esemka

“Ini tidak bisa ditunda lama,” katanya.

Lebih lanjut, Pegatron menyatakan akan melihat semua kemungkinan. Tapi, enggan berkomentar lebih lanjut.

Pemerintah sendiri tengah melobi agar Pegatron merakit komponen di Indonesia. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pabrikan asal Taiwan ini tengah mempertimbangkan masalah perizinan. Luhut meyakinkan, perizinan di Indonesia tidak akan dipersulit.

Baca Juga:   Meninggal SeorangTersangka Narkoba Memicu Amarah Masyarakat, Kapolsek Bendahara Dicopot

“Itu dia ragu-ragu invest karena takut masalah izin-mengizin. Terus saya jawab, semua izin kita urusin, pokok ya kamu investasi di sini, sepanjang kamu ikutin semua aturan-aturan yang ada,” kata Luhut kemarin. (Detik)

Loading...

More in Teknologi