Connect with us
Dibaca: 168

Pemilu 2019

Pakar Komunikasi: Gagasan Sandiaga Terasa Lebih Milenial Dibanding Kyai Ma’ruf

Debat Ketiga – Debat Cawapres

Cawapres Sandiaga Uno dalam Debat (17/03/2019) menggagas optimalisasi manfaat e-KTP ketimbang usulan aneka kartunya Jokma. Foto: Kumparan

SWARARAKYAT.COM – CEO perusahaan konsultan komunikasi, Makna Informasi Rahmat Yananto memaparkan, debat ketiga kemarin merepresentasikan adu gagasan dua generasi. Sandiaga Uno dari Generasi X yang dekat dengan milenial.

Sementara Kiai Ma’ruf Amin adalah perwakilan generasi lebih tua, yang tumbuh di era pertanian dan manufaktur.

Baca Juga:   Debat Capres Kedua, Jokowi dan Prabowo Akan Gunakan 'Strategi Khusus'

Baca Juga:   Prabowo Deklarasi Sebagai Presiden Terpilih, Jokowi Kirim Utusan Temui Prabowo

“Dalam konteks perebutan suara millenial tentu saja jarak generasi tersebut menjadi kelemahan untuk Kiai Ma’ruf. Sebaliknya, kedekatan Sandiaga Uno dengan generasi millienial menjadi kekuatan,” ujar Rahmat di Jakarta, dikutip dari Jpnn, pada Selasa (19/3/2019).

Gagasan menarik Sandi dalam debat itu antara lain tentang ‘Rumah Siap Kerja’ dan mengganti Ujian Nasional (UN). Rahmat menggarisbawahi, melalui kebijakan tersebut Sandiaga seolah ingin mengingatkan bahwa tamatan SMK, SMA dan diploma menjadi penyumbang angka pengangguran.

Baca Juga:   Seluruh Komisioner KPU Dilaporkan ke DKPP Terkait Pelanggaran UU Pemilu

“Tamatan sekolah-sekolah tersebut seharusnya mendapatkan kesempatan kerja yang lebih baik,” sambungnya.

Selain itu, melalui dua program diatas, Sandiaga juga seakan mendeteksi adanya ketidaksesuaian kompetensi dengan kebutuhan industri (pasar). Alhasil Rumah Siap Kerja yang bisa berbentuk coworking, creative hub, mampu menjembatani ketidaksesuaian tersebut dalam satu pelayanan terpadu.

Baca Juga:   Kampanye di Jakarta Utara, Cawapres Sandiaga: Bukti Kami Tak Ingkar Janji, Hentikan Reklamasi

Dibanding juniornya, Kiai Ma’ruf justru menawarkan Kartu Prakerja, gagasan yang pernah disampaikan Presiden Jokowi. “Inilah yang membedakannya dengan posisi gagasan Sandiaga tentang ‘Rumah Siap Kerja’. Hal itu digagas Sandiaga berdasarkan pengalamannya, yang dirumuskan relevan menjadi solusi masalah pengangguran,” urainya. (dede)

Baca Juga:   Dilaporkan Warga DKI Terkait Videotron, Bawaslu Akan Panggil Jokowi

More in Pemilu 2019

error: Dilarang copy paste tanpa izin!