Connect with us
Dibaca: 702

Pemilu 2019

Pasca Penemuan Surat Suara Tercoblos, Bawaslu Minta Pemilu di Malaysia Dihentikan

Caleg Partai Nasdem Dapil Jakarta 2, Davin Kirana dan Surat suara telah dicoblos. /Kolase SR

SWARARAKYAT.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta pelaksanaan Pemilu 2019 di Malaysia dihentikan pasca beredarnya video penemuan puluhan karung surat suara pilpres dan pileg yang sudah tercoblos. Untuk pilpres, capres 01 Jokowi-Ma’ruf dan untuk pileg, caleg dari partai Nasdem nomor urut 2 (Davin Kirana) dan 3 (Achmad).

Komisioner Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar memberikan konfirmasi kebenaran video itu. Ia menyebut surat suara itu ditemukan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur.

Baca Juga:   Seluruh Komisioner KPU Dilaporkan ke DKPP Terkait Pelanggaran UU Pemilu

Baca Juga:   KPU Temukan 101 WNA di DPT, 3 Orang Ada di Sumatera Barat

“Kami akan meminta KPU menghentikan pemungutan suara di seluruh Malaysia untuk sementara,” ujar Fritz, pada Kamis (11/4/2019).

Fritz menyebut penghentian harus dilakukan sampai ada semua terbukti bahwa ada atau tidak ada tindakan kecurangan terstruktur, sistematis, dan masif.

Baca Juga:   Erick Thohir Ancam Mundur dari Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Kenapa?

Ia menyebut sebelumnya Bawaslu sudah meminta KPU untuk mengawasi kinerja PPLN kurang baik. Kejadian ini menjadi buktinya.

“Meminta KPU segera melakukan evaluasi kinerja. Terbukti PPLN tidak melaksanakan tugas dengan benar,” tegasnya.

Baca Juga:   Bupatinya Diciduk KPK, Ribuan Warga Cianjur Syukuran di Alun-Alun

Relawan Satgas BPN temukan gudang surat suara

Diketahui, lewat grup whatsapp dan media sosial beredar video penemuan puluhan karung surat suara di 2 tempat di wilayah Selangor, Malaysia.

Sekjen Sekber Satgas BPN PADI Malaysia, Brem menunjukkan surat suara pilpres sudah dicoblos. /Capture video

Lokasi pertama, di Taman Universiti Sungai Tangkas Bangi 43000, Kajang. Lokasi kedua, di lot ruko kawasan niaga Bandar Baru, Bangi. Kedua lokasi masih dalam wilayah Selangor, Malaysia.

Baca Juga:   BPJS Kesehatan: Presiden Perhatian Pada BPJS, Termasuk Setujui Keputusan Suntik Dana Rp4,9 T

Dalam video tampak sejumlah orang baru saja melakukan penggerebekan di dalam sebuah ruko. Mereka menemukan total 95 karung ukuran besar warna hitam yang berisi surat suara sudah tercoblos.

Semua surat suara yang tercoblos tersebut ialah untuk capres 01 Jokowi-Ma’ruf dan beberapa caleg partai Nasdem. Caleg Nasdem terbanyak dicoblos yakni nomor urut 2, Davin Kirana. Davin merupakan putra dari Duta Besar Malaysia, Rusdi Kirana.

Baca Juga:   Gudangnya Ditemukan, Ternyata Poster "Raja Jokowi" Dipasang Relawan Jokowi

Dalam video tersebut disebutkan bahwa penemuan itu dilakukan oleh para relawan Sekber Satgas Prabowo-Sandi, Malaysia yang dipimpin oleh Sekjen, Brem yang juga kader partai Demokrat.

Brem menyampaikan, KPU pusat harus menghentikan seluruh pemilihan di DPL Malaysia pada Minggu (14/4/2019) sampai masalah surat suara ini dituntaskan. Jika tidak maka relawan akan menduduki KBRI di Kuala Lumpur.

Simak info selengkapnya di video :

(sta)

More in Pemilu 2019

error: Dilarang copy paste tanpa izin!