Connect with us
Dibaca: 126

Politik

Pemilu 2019 Diawasi Ketat, Mendagri: Saya Bersyukur Pembentukan Pengawas Hingga TPS

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam sebuah wawancara

SWARARAKYAT.COM – Pemilu 2019 diawasi ketat oleh Pers, masyarakat sipil, perguruan tinggi, NGO/LSM. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku bersyukur karena untuk pertama kalinya dalam pemilu nasional terbentuk pengawas pemilu sampai tingkat TPS, selain adanya saksi dan masing-masing parpol dan paslon.

“Kontrol publik saat ini terhadap proses dan tahapan pemilu sangat ketat oleh pers, masyarakat sipil, perguruan tinggi, NGO/LSM, hingga dunia internasional ini yang membuat saya merasa bersyukur,” ujar Tjahjo di Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Baca Juga:   Pilpres Panas! Sontoloyo dan Genderuwo Dibalas Tuyul dan Babi Ngepet

Menurutnya jika kontrol yang begitu ketat oleh semua elemn masyarakat, maka ia yakin tidak ada ruang sedikitpun bagi pihak-pihak yang coba-coba berbuat curang, tidak jujur dan tidak adil.

“Saya yakin dan penuh optimis pelaksanaan Pemilu 2019 langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (luber jurdil) tanpa ada kecurangan dari pihak manapun, saya tegaskan bahwa ini merupakan satu keharusan yang tak bisa ditawar karena merupakan perintah dari konstitusi dan UU Pemilu,” tandasnya.

Tjahjo melanjutkan, UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu mengikat semua pihak, baik penyelenggara pemilu, pemerintah dan pemda, parpol, kontestan dan seluruh aktor-aktor terkait dengan penyelenggaraan pemilu.

Baca Juga:   Ahoker Ini Senang Habib Bahar Ditolak Ormas Adat di Manado

“UU telah mengatur secara baik dan sistematik guna mewujudkan tata kelola pemilu yang luber, jujur dan adil, dan bahkan telah disusun aturan lebih teknis oleh penyelenggara pemilu, KPU, Bawaslu dan DKPP. Aturan tersebut mengikat semua pihak,” katanya.

Penyelenggara pemilu, lanjutnya, adalah lembaga yang bersifat nasional, mandiri dan tetap. Untuk itu, keputusan-keputusannya sangat independen dan siapapun tidak dapat mengintervensi penyelenggara pemilu.

Baca Juga:   Balas Pantun Farhat Abbas, Prabowo: Aduh, Aku Masuk Neraka Dong

“Kita bersyukur rekan penyelenggara pemilu saat ini adalah orang-orang yang berintegritas tinggi, dipilih melalui seleksi yang ketat oleh pansel independen dan persetujuan DPR,” ujarnya.(Arum)

More in Politik

error: Dilarang copy paste tanpa izin!