Connect with us
Dibaca: 222

Politik

Pengamat: Cawapres Sandiaga Uno Bintang Debat Kelima

Pasangan nomor 02 Prabowo-Sandi, mengakhiri sesi debat final pilpres 2019 dengan berpelukan, Sabtu (13/4/2019). Foto: dok.BPN

SWARARAKYAT.COM – Debat capres-cawapres kelima telah digelar oleh KPU RI pada Sabtu (13/4/2019) di Hotel Sultan, Jakarta. Debat tersebut juga mengakhiri seluruh rangkaian acara kampanye pemilihan umum 2019.

Cawapres Sandiaga Uno dinilai menjadi bintang di sesi terakhir debat kelima Pilpres 2019. Sandi dinilai menggunakan pendekatan marketing yang bagus dengan 13 kali bicara ‘tusuk Prabowo-Sandi’.

Baca Juga:   Sandi Janji Beri Kursi Menpora dan Menristekdikti untuk Milenial

Baca Juga:   Kubu Jokowi Tuding Penolakan Sandi Sandiwara, Pendukung Gaungkan #Sandiwarauno

“Sesi terakhir Sandi bagus, Sandi bagus, Sandi menggunakan pendekatan marketing dengan berbicara ke semua segmen, menggunakan bahasa yang berulang. Buat saya, itu emotional appeal, itu strategi marketing, walau ditutup Prabowo dengan tidak cukup baik,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, Sabtu (13/4/2019).

“Kalau dari debat tadi, sesi terakhir, Sandi yang jadi bintang,” sambung Yunarto mengutip Detik.

Baca Juga:   Pasang Poster Tolak Sandi, Pedagang: Kami Dibayar Pak, Netizen: Kerjaan Anak Buah Jaenuddin Nachiro

“Suka atau tidak, Prabowo-Sandi dengan berbagai macam narasi yang tidak berkembang, menurut saya, tetap berhasil membangun emotional appeal, seakan-akan, terlepas fakta atau tidak mereka menunjukkan narasi yang sama yang diulang-ulang mengenai negara yang belum berpihak pada pihak tertentu, terlepas benar atau tidak data yang digunakan itu kena ke emosi beberapa segmen masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, dalam sesi acara dialog di tvOne pasca debat, beberapa pengamat juga memberi penilaian yang senada.

Baca Juga:   Kesehatan Sandi Mulai Pulih, Tiga Hari Didera Sakit

Effendi Gazali, pakar komunikasi politik dari Universitas Indonesia menilai Sandi adalah bintang debat malam ini.

Selain itu ada juga Burhanuddin Muhtadi , pengamat politik lembaga polster Indikator Politik mengatakan bahwa Sandi mampu menciptakan persepsi yang baik kepada publik dalam debat kelima.

Burhanuddin menambahkan, bahwa sebenarnya politik lebih menekankan kepada persepsi ketimbang substansi. Sandi berhasil memainkan itu. (sta)

Baca Juga:   Terkait Salah Input 'Situng', Sekjen PDIP Bela KPU, Ada Apa?

More in Politik

error: Dilarang copy paste tanpa izin!