Connect with us
Dibaca: 943

Nasional

Pengamat Hukum UBH Padang: Pelapor Rocky Gerung Tidak Paham Konteks Masalah

Dr. Miko Kamal, SH MH pengamat hukum dari Universitas Bung Hatta Padang. Foto: Ist

SWARARAKYAT.COM – Rocky Gerung diketahui telah dilaporkan oleh beberapa orang ke Polda Sumatera Barat (Sumbar) di Padang, Selasa (5/03/2019) kemarin. Mereka mengaku perwakilan dari Forum Anak Nagari.

Salah seorang pelapor bernama Dony Magek Piliang menilai bahwa ucapan Rocky Gerung telah menghina tokoh, ulama yang juga pahlawan nasional asal Minang Haji Agus Salim.

Baca Juga:   BPN Prabowo-Sandi Adukan Metro TV dan Kompascom ke Dewan Pers
Baca Juga:   Prabowo Ganti Ketua DPD Jabar, Mulyadi Ucapkan Salam Perpisahan

Persoalannya bermula dari sebuah video berisi kuliah umum Rocky di Yogyakarta pada (22/02/2019) lalu. Barangkali inilah penyebab Rocky Gerung dilaporkan ke SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) Polda Sumbar.

Pengamat hukum dari Universitas Bung Hatta Padang, Dr. Miko Kamal, SH, LLM    mengaku heran dengan aksi pelaporan tersebut sebab orang yang melaporkan itu tidak mengerti masalah.

Baca Juga:   Kubu Prabowo Khawatir Praktek Jual-Beli Blanko E-KTP Disalahgunakan

Miko mengatakan bahwa dia telah menonton video tersebut dan tidak ada ditemukan unsur penghinaan.

“Saya udah nonton cuplikan videonya, saya tidak lihat ada unsur penghinaan,” kata Miko kepada Swararakyat melalui keterangan tertulis, Rabu (6/03/2019).

Baca Juga:   Pernah Dilaporkan Forum Antihoax, Dosen UIN Ini Diberhentikan, Begini Tanggapan Fadli Zon

Menurut Miko, pelapor terlalu terburu-buru menyimpulkan isi video ceramah Rocky Gerung tersebut sebagai bentuk penghinaan kepada Haji Agus Salim karena tidak melihat dulu konteks pembicaraannya. Si pelapor hanya melihat teksnya.

“Pelapor itu harus juga melihat konteks orang berbicara, bukan hanya teks,” tutur lulusan magister dan doktor hukum dari negeri kangguru itu.

Baca Juga:   Ngeri! Diplomat Senior Ini Beberkan Resiko Jika Presiden Jokowi Kabulkan Permintaan Ketum PBNU Usir Dubes Arab Saudi

Selanjutnya, Miko Kamal menilai kalau pelapor sebenarnya tidak mengerti konteks orang berbicara, dimana Rocky Gerung menyampaikan itu dalam kegiatan kuliah umum.

“Pelapor harus ngerti juga dikit tentang konteks orang bicara, tidak hanya teks,” tandas mantan Direktur LBH Padang itu. (sta)

Baca Juga:   Forum Pasundan Bergerak Cabut Dukungan ke Prabowo

More in Nasional

error: Dilarang copy paste tanpa izin!