Penumpang Domestik di Batam Saat Arus Mudik Nataru 2024 Meningkat

SWARARAKYAT.COM – Jumlah penumpang domestik di Batam saat arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

“Angka tersebut pun dikerkirakan akan terus bertambah, mengingat arus penumpang domestik yang datang ke Batam menggunakan moda transportasi laut masih cukup tinggi,” kata Direktur Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam, Dendi Gustinandar di Batam, Rabu (27/12/2023).

Berdasarkan catatan BP Batam di 2 pelabuhan domestik dari seminggu sebelum Natal hingga Hari Natal, terdapat 97.678 penumpang yang berangkat dan datang dari dan ke Batam.

BP Batam menambah jumlah personel untuk mengamankan pelabuhan domestik dengan rincian Pelabuhan Batuampar mendapat tambahan 30 personel.

Sementara itu, Pelabuhan Sekupang dan Pelabuhan Punggur masing-masing 8 personel.

Baca Juga: Kementerian ESDM: Kenaikan Tarif Jasa Pelabuhan Tidak Menghambat Kelancaran Ekspor Batu Bara

Persentase kenaikannya sekitar 6% dibanding jumlah arus penumpang tahun lalu yang sebanyak 92.241 penumpang.

Dari jumlah tersebut, jumlah penumpang yang melewati Pelabuhan Domestik Telaga Punggur sebanyak 56.687 orang, terdiri dari 28.859 penumpang berangkat dan 27.828 penumpang turun.

“Untuk penumpang berangkat, ada kenaikan 9% dari tahun lalu. Sedangkan penumpang datang ke Batam juga naik 6% dari tahun lalu,” katanya lagi.

Sementara itu, untuk penumpang yang melewati Pelabuhan Domestik Sekupang sebanyak 40.991 orang, terdiri dari 20.886 penumpang berangkat darn 20.105 penumpang turun.

“Penumpang yang berangkat melalui Sekupang turun 4% dari tahun lalu, sedangkan yang datang justruk naik 11%,” imbuhnya.

Arus penumpang yang melewati pelabuhan diperkirakan masih cukup akan tinggi hingga 3 Januari mendatang. (SR/Arum)