Daerah  

Pj Walikota Lubuklinggau Hadiri Peringatan Nuzulul Quran di Masjid Agung Al Baari

SWARARAKYAT.COM – LUBUKLINGGAU – Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa bersama tim Pemkot Lubuklinggau melaksanakan Safari Ramadhan 1445 H sekaligus memperingati Nuzulul Quran di Masjid Agung Al-Baari Kota Lubuklinggau, Senin (25/3/2024).

Dalam sambutannya, H Trisko Defriyansa mengatakan tujuan Safari Ramadhan yang dilaksanakan setiap tahun adalah untuk meningkatkan tali Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan antar sesama umat Islam) dan Ukhuwah Wathaniyah (persaudaraan sebangsa dan setanah air).

“Selaku sesama, kami layak mengunjungi masjid-masjid yang ada di Kota Lubuklinggau. Pada sisi lain, sebagai anak bangsa dan warga negara, kita juga diharuskan saling menjaga silaturahmi,” ujarnya.

Atas nama Pemkot Lubuklinggau serta jajaran Forkopimda, dirinya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Lubuklinggau yang telah mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 sehingga berjalan lancar, aman dan kondusif.

Masjid Agung Al Baari sambungnya merupakan Masjid Agung lama sedangkan Masjid Agung As Salam baru berdiri pada 1998. Penamaan kedua masjid ini dilakukan setelah lahirnya Pemkot Lubuklinggau pada 2001.

“Di Lapangan Merdeka diberi nama Masjid Agung As-Salam, sementara yang ini Masjid Agung Al-Baari,” tandasnya.

Masjid Agung Al-Baari sendiri diambil dari nama Asmaul Husna yang berarti sang maha pencipta yang menciptakan langit dan bumi. Mudah-mudahan sesuai dengan namanya, Masjid Al-Baari banyak menciptakan kisah-kisah Muttaqin (hamba-hamba Allah yang bertaqwa kepada Allah SWT).

Ketua Masjid Agung Al-Baari, Indra Safei menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pemkot Lubuklinggau serta Forkopimda karena berkenan hadir di Masjid Agung Al-Baari.

“Selama Ramadhan ini sedikitnya 300 jemaah selalu berbuka disini. Hal itu tak lepas dari adanya bantuan dari para donator,” ucapnya.

Tausyiah diisi oleh H Moch Atiq Fahmi Lc.M.Ag. Dalam tausyiahnya Moch Atiq Fahmi menyampaikan dalam suatu rumah apabila dibacakan Alquran akan mendapatkan kelapangan, didatangi malaikat, dijauhi setan dan didekati oleh berbagai kebaikan.

Namun sebaliknya apabila tidak dibacakan Alquran rumah akan sempit, malaikat tidak mau masuk dan sedikit didatangkan kebaikan.

Ikut hadir Kapolres Lubuklinggau, AKBP Indra Arya Yudha, Dandim 0406 Lubuklinggau Letkol Kunto Adi Setiawan, Pj Sekda, H Tamri, Pj Ketua TP PKK, Hj Henita Andriani, Staf Ahli, Asisten, kepala OPD.(Adv).