Connect with us
Dibaca: 91

Hukum & Kriminal

Polisi Akan Segera Panggil Andi Arief

Kabareskrim Polri Komjen Arief Sulistyanto - (Foto: Istimewa)

SWARARAKYAT.COM – Hoaks adanya 7 truk kontainer membawa surat suara yang sudah dicoblos berawal dari sebuah rekaman suara seseorang yang beredar di group WhatsApp.

Lewat rekaman itu, Wasekjen PD Andi Arief men-tweet kejadian itu dan meminta pihak terkait mengecek kebenarannya.

KPU dan Bawaslu yang terjun langsung mengecek lokasi di Tanjung Priok, Jakarta Utara yang diduga sebagai lokasi 7 truk kontainer pembawa surat suara itu telah dicek secara menyeluruh. Hasilnya, informasi tersebut adalah kabar bohong alias hoaks. 

Baca Juga:   Diduga Terlibat Korupsi Dana Beasiswa, Mahasiswa Minta Polri Tangkap Lukas Enembe

Kabareskrim Polri Komjen Arief Sulistyanto mengatakan siapapun yang terlibat dalam penyebaran hoaks surat suara yang dicoblos duluan akan diperiksa. Termasuk orang-orang yang menyebar informasi tersebut.

“Semua pihak yang berkaitan dengan beredarnya isu itu nanti pasti akan diproses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, siapapun dia,” jelas Arief di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (3/1/2019).

Arief menjelaskan polisi sudah menerima suara rekaman yang pertama kali membuat isu Hoaks ini menjadi liar. Dia juga siap menerima laporan dari masyarakat jika mengetahui siapa suara yang ada dibalik rekaman tersebut. 

Baca Juga:   Polisi Ungkap Pengakuan Basuki Hariman Soal Dugaan Suap ke Tito Karnavian

“Sudah, dari tadi malam juga sudah, bahkan saya dapat kiriman dari teman-teman media ini suara siapa, ini sedang proses investigasi. Kalau teman-teman wartawan itu tahu suaranya siapa lapor kepada saya, segera saya jadikan alat bukti nanti,” ucap Arief.

Arief kembali menegaskan siapapun pihak yang ingin mengacaukan proses Pemilu 2019 akan diproses sesuai UU hukum yang berlaku.

“Proses hukum tetap berjalan sesuai mekanisme yang ada, semua yang ingin melakukan kekacauan terhadap pemilu pasti akan kita selesaikan,” tegas Arief. 

Baca Juga:   Kadiv Humas Mabes Polri: Andi Arief Hanya Sendirian Ketika Ditangkap, Tidak Ada Perempuan!

Sebelumnya, Isu soal tujuh kontainer surat suara yang tercoblos itu tersebar di grup WhatsApp dan juga diungkap Wasekjen PD, Andi Arief lewat akun Twitter @AndiArief__. KPU bersama Bawaslu, Rabu (2/1), langsung mengecek ke lokasi yang dimaksud berada di Pelabuhan Tanjung Priok.

Setelah dicek, KPU memastikan kabar tujuh kontainer surat suara yang sudah tercoblos itu adalah bohong. Komisioner KPU Hasyim Asy’ari mengatakan saat ini kasus itu telah dilaporkan ke Bareskrim Polri. (Ren/Ini)

More in Hukum & Kriminal

error: Dilarang copy paste tanpa izin!