Connect with us
Dibaca: 97

Ekonomi

Prabowo Kritik Dampak Unicorn, Menperin Airlangga Tafsirkan Unicorn Sebagai Modal Masuk ke Indonesia

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto - Istimewa

SWARARAKYAT.COM – Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto, merespons kekhawatiran calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, soal keberadaan unicorn yang dinilai bisa membuat uang dari Indonesia lari ke luar negeri.

Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan, keberadaan unicorn di Indonesia juga membuka lapangan kerja baru.

Bukan itu saja, keberadaan unicorn juga menjadi platform berbagai usaha kecil dan menengah yang kini banyak bergerak di bidang e-commerce.

“Unicorn ini menjadi open platform untuk jutaan usaha kecil dan menengah. Jadi kalau yang di e-commerce itu dia punya lebih dari empat juta vendor, dan lebih dari 15 juta yang belanja di situ,” tutur Airlangga dikutip dari Tribunnews.

Baca Juga:   Foto: Ulama Bersama Ribuan Warga Syukuran Kemenangan di Kediaman Prabowo

“Namanya e-commerce ini digunakan juga dalam Program Keluarga Harapan (PKH). Jadi PKH, ada bantuan (PKH) yang non tunai itu (penarikannya) menggunakan kartu, smartcard,” kata Airlangga.

Airlangga melanjutkan, kini unicorn di ASEAN baru ada berjumlah tujuh dengan empat di antaranya berada di Indonesia.

Menurutnya, jumlah unicorn di Indonesia akan terus bertambah sesuai dengan harapan Presiden Joko Widodo.

Baca Juga:   Soal Sidang IMF di Bali, Rizal Ramli: Pemerintah Keluarkan 70 Juta Dollar, Padahal 10 Juta Dolar Sudah Mewah

“Pak Presiden Jokowi itu mengharapkan bahwa unicorn ini bertambah, tidak hanya empat. Kita sudah melihat ada dua-tiga (startup) lagi yang berpotensi menjadi unicorn,” katanya.

“Satu (berjarak) di virtual reallity, yang satu lagi adalah di bidang pendidikan. Dua-duanya sudah punya akses ke silicon valley, dan beberapa menteri negara-negara lain datang untuk belajar terhadap apa yang dikembangkan di Indonesia,” katanya. (sta)

More in Ekonomi

error: Dilarang copy paste tanpa izin!