Soal Air, Jokowi Harap Pemda Berinisiatif Mengatasinya

SWARARAKYAT COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah (pemda) untuk membiasakan diri tanpa bantuan dari pemerintah pusat.

Ia berharap agar saat inpres telah rampung, maka pemerintah daerah juga memiliki inisiatif dalam mengatasi masalah air.

“Saya sampaikan ya sudah disiapkan lagi Inpres untuk Sambungan Rumah Tangga untuk Air Minum. Tapi jangan semuanya di pemerintah pusat,” kata Presiden Jokowi pada Acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional Tahun 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Senin (6/5/2024).

Baca Juga: Presiden Jokowi Berencana Menambah Anggaran Pendidikan S2 dan S3

“Kalau ditanya Gubernur juga biasanya bilang sanggup pak waktu pusat selesai membangun bilang ‘waduh, berat pak APBD kami habis untuk ini, untuk ini’. Padahal sudah sanggup dia di depan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kepala negara mengatakan, pemerintah tengah merancang Instruksi Presiden (Inpres) terkait dengan Penyambungan Air untuk Rumah Tangga.

Jokowi menilai apabila semua pembangunan dilakukan oleh pemerintah pusat, maka pemda hanya akan terus berpangku tangan dan menerima hasil pembangunan saja.

“Ini kalau Inpres jalan daerah, Inpres sambungan Rumah Tangga buat Air Minum, alhamdulillah, alhamdulillah. Bapak ibu ngerjain yang mana?” imbuhnya. (SR/Arum)