Connect with us
Dibaca: 252

Opini

Soal Pengalihan Saham Freeport, Mac Moran Lebih Jenius

Penandatanganan Pokok-pokok Kesepakatan Divestasi Saham PT Freeport Indonesia antara PT Indonesia Asahan Aluminium dan Freeport Mc Moran Inc di aula Djuanda

Oleh : Arif Furqan
Business Consultant

Kasus Freeport kalau dikatakan sudah dalam penguasaan NKRI itu masih teori diatas kertas aja.Baru dikatakan milik kita kalau global bond sudah dibayar lunas.

Analisa yang dilakukan seseorang boleh aja, justru harus dilihat sebagai masukan.
Sehebat apapun team pasti tidak sempurna.

Dana pembelian Freeport itu hutangan dari global bond, justru disini titik lemahnya karena bisa dijual belikan tanpa bisa dikontrol.

Baca Juga:   Belum Ada Satu Rupiah Pun Pembayaran Pembelian Saham PT Freeport

Saat ini masa eforia pemerintah, Freeport diam aja. Tapi 5 tahun kedepan Mac Moran bisa aja operasi senyap mengambil alih 100% global bond jadi miliknya. Ini artinya Freeport jadi miliknya lagi tanpa bisa ditolak karena resmi menguasai global bond.

Ini bisa dilihat dalam waktu 1 bulan Inalum bisa dapat dana 4 M USD pasti ada invisible hand yang membantu kelancarannya.

Pertanyaannya, kenapa kontrak Freeport akan habis tahun 2021, kembali kepangkuan NKRI tanpa bayar. Kenapa tidak sabar? Misteri tidak pernah terjawab.

Baca Juga:   Banser Ansor, Garda Terdepan Penumpasan PKI Tahun 1965

Freeport dituntut buat smelter dalam 5 tahun kedepan dengan biaya 10 Milyar Dollar. Karena sekarang pemerintah punya saham 51 % , maka pemerintah harus siapkan dana cash 5,1 milyar USD lagi dan Freeport 4,9 M USD untuk membangun smelter itu.

Pertanyaannya dari mana lagi pemerintah siapkan dana 5,1 M USD, apa gunakan global bond lagi?

Baca Juga:   Evo Morales: Bolivia Menginginkan Teman Bukan Majikan"

Dari sini bisa dilihat bahwa Mc Moran sangat jenius dalam negosiasi ini.
Karena untuk pembuatan smelter tersebut harusnya bayar 4,9 M USD, ternyata hanya mengeluarkan uang 1 M USD ( 3,9 M didapat dari penjualan saham yang dibeli pemerintah).

Sedang pemerintah untuk pembuatan smelter tersebut HARUS menngeluarkàn dana 5,1 M USD. Dari mana dananya?

Jadi dari pengambilan saham Freeport ini justru pemerintah punya hutang baru 4 M usd untuk saham + 5,1 M untuk buat smelter = 9,1 M USD yang harus dibayar pemerintah berikutnya.

Surabaya, 23-12-2018

More in Opini

error: Dilarang copy paste tanpa izin!