Connect with us
Dibaca: 194

Pemilu 2019

Soal Prabowo Deklarasi Kemenangan, TKN 01: Itu Terlalu Berlebihan

Calon presiden dan wakil presiden. Ilustrasi

SWARARAKYAT.COM – Capres Prabowo Subianto tiga kali mengklaim kemenangannya pada Pilpres 2019. TKN Jokowi-Ma’ruf Amin menyarankan Prabowo seharusnya tak beraksi berlebihan.

“Kalau menurut saya sebagai pemimpin bangsa yang negarawan, baik Pak Prabowo dan tim beliau sebaiknya bersabar saja menunggu hasil real count, dan tidak perlu bereaksi berlebihan,” kata Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding, kepada wartawan, Kamis (18/4/2019).

Baca Juga:   DEBAT KEDUA, Calon Presiden 2019 Dimulai, Capres Prabowo Mendapat Giliran Pertama

Baca Juga:   Update Hasil Pilpres 2019 di 3 Situs: Prabowo-Sandi Ungguli Jokowi-Ma'ruf

Karding menyebut Prabowo membangun opini bahwa dirinya menang. Politikus PKS itu bahkan menilai Prabowo juga membangun anggapan bahwa hasil quick count tidak profesional.

“Ketiga dia (Prabowo) ingin membangun suatu kondisi di mana seakan-akan KPU dan Bawaslu bagian dari alat pemenangan Pak Jokowi seakan-akan, itu framing yang sedang dibangun,” katanya.

Baca Juga:   Panggilan Spesial Grace Natalie: Bro Joko Widodo, Calon Presiden PSI

“Langkah paling bijak oleh Pak Jokowi dan Pak Prabowo adalah tidak bereaksi berlebihan dan mengajak untuk bersama-sama membangun dan saling menghormati apapun hasil pemilu kali ini,” imbuh Karding.

Karding meminta Prabowo meniru sikap capres Jokowi yang tidak menunjukkan reaksi berlebihan saat menanggapi hasil quick count. Seorang pemimpin, sebut dia, harus bisa menerima kekalahan.

Baca Juga:   Dijamin! Alasan Nenek Ini Tak Pilih Jokowi Bikin Ngakak

“Justru sebagai pemimpin kita harus tunjukkan kepada rakyat, kalau kalah terima dengan legowo, dan menghormati yang menang, serta yang menang kita syukuri sekaligus tidak menghina, merendahkan, dan tidak mengolok-olok yang kalah,” tutur dia.

Sebelumnya, Prabowo mengklaim kemenangannya pada Pilpres 2019 bersama Sandiaga. Menurut Prabowo, dirinya menang pilpres dengan perolehan suara 62 persen.

“Saya ulangi, pada hari ini, saya, Prabowo Subianto, menyatakan bahwa saya dan Saudara Sandiaga Uno mendeklarasikan kemenangan sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI tahun 2019-2024 berdasarkan penghitungan lebih dari 62 persen hitungan real count,” kata Prabowo di kediamannya, Jl Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (18/4/2019). (ad/detik)

Baca Juga:   BPN Prabowo-Sandi Gelar Konsolidasi Relawan di Padepokan Silat TMII

More in Pemilu 2019

error: Dilarang copy paste tanpa izin!