Connect with us
Dibaca: 218

Keuangan

Soal Pujian IMF, Netizen: Bagus atau Tidak Ekonomi Bukan Klaim Pemerintah atau Pujian Rentenir

Foto: Annual Meetings 2018, IMF di Bali

SWARARAKYAT.COM – Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily menilai pujian Dana Moneter Internasional (IMF) terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi bukti pengakuan dunia Internasional.

Ace juga menilai pujian itu sebagai bantahan terhadap tudingan Prabowo-Sandi yang menyebut perekonomian Indonesia semakin menurun.

“Pengakuan internasional itu sangat penting bagaimana dunia trust kepada Indonesia, dunia investasi begitu percaya ke Indonesia dan Indonesia tidak membuat ekonomi seperti klaim yang diembuskan kubu sebelah. Seakan-akan kita mau krisis yang luar biasa,” kata juru bicara TKN Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily di posko kemenangan Jokowi-Ma’ruf, Jalan Cemara, Jakarta Pusat, Selasa (9/10). 

Baca Juga:   Dolar Nyaris Tembus Rp15.200, Menko Darmin: Dampak Riilnya Gak Ada, Cuma Hebohnya yang Hebat

Pemerintahan Jokowi, kata Ace, masih berusaha menjaga neraca perdagangan agar rupiah tidak semakin melemah. Selain itu pemerintah juga tengah mengurangi defisit perdagangan agar tidak besar.

“Jadi saya kira pemeirntah Indonesia enggak tinggal diam dan pengakuan internasional jadi sangat penting karena itu bagian trust kondisi ekonomi di Indonesia,” ujar Ace.

Ia juga menilai tudingan penyelenggaraan IMF-World Bank Annual Meeting di Bali bukan sebuah pemborosan. Karena menurutnya terjadi transaksi ekonomi dari ribuan peserta pertemuan tersebut. 

Baca Juga:   BEM Se-Sumbar Gelar Aksi "Pertanian Tak Berdaulat" Di Depan Kantor Gubernur

“Yang penting lagi, meskipun Indonesia sedang terkena berbagai macam bencana di NTB, Sulteng tapi Indonesia adalah negara yang enggak cengeng. Pemerintahnya tetap kuat dan mampu menyelenggarakan event nasional dan internasional,” kata Ace.

Pernyataan Ace tersebut dikritik netizen. Akun @tawajkt mengatakan, penilaian bagus atau tidaknya perekonomian Indonesia itu masyarakat yang merasakan. Bukan berdasarkan klaim peerintah atau pujian IMF. 

Baca Juga:   Cegah Korupsi Dana Desa, Pemerintah Alokasikan Dana Operasional Kades Tahun Depan

“Bagus Atau Tidaknya Ekonomi Itu Masyarakat Yg Merasakan. Bukan Berdasarkan Klaim Pemerintah Atau Pujian Para Rentenir,” tulisnya dengan mengutip berita dari media yang memuat pernyataan Ace Hasan.

Kicauan @tawajkt ini dibalas mantan Anggota DPR RI Fraksi PAN, Djoko Edhi Abdurrahman. Menurutnya, pujian IMF subtansinya tidak ada bantuan untuk Indonesia lagi. 

Baca Juga:   Rupiah Tembus Rp15 Ribu, Sri Mulyani Salahkan Kondisi Italia

Sebelumnya diberitakan, Chief Economist IMF Maurice Obstfeld mengatakan, perekonomian Indonesia masih tumbuh kuat, meskipun dipengaruhi faktor ketidakpastian global.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah contoh suksesnya, meskipun kami sudah menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global,” ujar Maurice. (SR)

More in Keuangan

error: Dilarang copy paste tanpa izin!