Connect with us
Dibaca: 362

Bisnis

Sukses Dirikan Columbia, Leo Chandra Malah Bobol Bank Senilai Rp 14 Triliun

Foto: Pendiri PT Columbindo Perdana atau Columbia, Leo Chandra

SWARARAKYAT.COM – Nama Columbia Cash & Credit sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, khususnya kalangan konsumen kelas menengah bawah.

Setelah berkecimpung selama lebih dari 30 tahun, Columbia dianggap menjadi solusi bagi kalangan menengah bawah untuk pemenuhan kebutuhan non primer, seperti produk-produk elektronik dan perabot rumah tangga dengan cara cicilan.

Baca Juga:   Pertamina Tergerus Rp 26 T, Kebijakan Harga BBM Perlu Diubah

Semua itu tidak terlepas dari peran Leo Chandra, pria yang tahun ini genap berusia 76 tahun sekaligus pendiri dan pemilik PT Columbindo Perdana.

“Ketika awal mendirikan Columbia, saya dianggap gila karena memberikan kredit pada orang yang tidak dikenal. Utang piutang antar saudara atau teman saja banyak yang tidak beres, apalagi dengan orang yang tidak dikenal,” kenangnya.

Sejak awal Leo memang ingin menjadikan Columbia sebagai sales company yang mengedepankan kedekatan dengan konsumennya.

Baca Juga:   Tanggapi Kritikan Politisi Nasdem, Rizal Ramli: Kritikan Tidak Bermutu

Menurutnya, konsumen di Indonesia punya karakter yang berbeda, sehingga sentuhan personal masih sangat dibutuhkan.

Selain mengandalkan keakraban, seorang salesman juga harus memiliki bekal SKA, yaitu skill, knowledge dan attitude yang baik. Pasalnya, seorang salesman tak hanya harus bisa membangun keakraban dengan konsumennya, tapi juga harus bisa membangun kepercayaan.

Baca Juga:   Pencetus Mobil Esemka: Mobil Nasional Kok Ambil Sana-Sini, Lalu Ganti Merek Jadi Esemka

“Menjadi salesman itu harus punya passion, tidak bisa dipaksakan,” tegas Leo. (Majalah Marketeers, Story: The Art of Influence for Sales)

Kini, pria baya tersebut terancam mendekam dibalik jeruji besi akibat perbuatan yang dilakukannya. Leo membobol sejumlah rekening bank dengan total kerugian Rp 14 triliun.

More in Bisnis

error: Dilarang copy paste tanpa izin!