Connect with us
Dibaca: 47

Nusantara

Tak Disangka, Tanggal Lahir Bos Besar OPM Bertepatan dengan Kemerdekaan RI

Bos besar OPM, Benny Wenda

SWARARAKYAT.COM – Dibalik pemberontakan yang dilakukan oleh Benny Wenda, ternyata tanggal lahirnya bertepatan dengan tanggal kemerdekaan Indonesia yakni 17 Agustus.

Benny Wenda adalah bos besar OPM (Organisasi Papua Merdeka) yang kini menetap di Oxford Inggris. Benny Wenda lahir di Lembah Baliem, Papua, pada 17 Agustus 1974.

OPM sendiri adalah organisasi terlarang yang ada di negeri ini, salah satu pimpinannya yakni Egianus Kogoya dianggap menjadi dalang utama dibalik insiden pembunuhan pekerja Trans Papua dan Anggota TNI beberapa waktu lalu.

Baca Juga:   Warga Sukabumi Panik Diguncang Gempa 5,4 SR

Sedikit kisah tentang Benny Wenda, pada 6 Juni 2002 ia pernah ditahan di Jayapura karena dianggap menjadi pemicu perpecahan di Papua.

Namun tak berselang lama 27 Oktober 2002 dirinya berhasil kabur dengan bantuan tentara OPM, Wenda kemudia diselundupkan ke Papua Nugini yang dan kemudian lari ke Inggris bersama LSM Eropa hingga akhirnya mendapat suaka Politik di Inggris.

Baca Juga:   Pihak Keluarga Yakin, Ketua Ansor Jepara Taat Beragama dan Tidak Mungkin Selingkuh

Sejak saat itulah Benny Wenda mendirikan kantor Free West Papua di Oxford, Inggris.

Ada satu pemandangan yang menyedihkan disini, Benny Wenda di Inggris hidup aman dan nyaman di Inggris sedangkan anggota OPM lainnya bergelirya di tanah Papua. (Tribun)

Loading...

Advertisement

Penulis

Advertisement

More in Nusantara

error: Dilarang copy paste tanpa izin!