Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Connect with us
Dibaca: 78

Politik

Temukan Ribuan Pemilih Ganda, Berikut Komentar Bawaslu Kabupaten Paluta

Foto: Ketua Bawaslu Paluta, Panggabean

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Sumatera Utara, menemukan adanya ribuan pemilih ganda yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan umum (pemilu) 2019 di kabupaten tersebut. Bahkan dalam DPT itu, terdapat 47 pemilih yang memiliki nomor induk kependudukan (NIK) yang sama.

Ketua Bawaslu Paluta, Panggabean mengatakan, temuan 1 NIK yang digunakan untuk 47 nama pemilih itu terdapat di Desa Hutanopan, Kecamatan Halongonan, Puluta. Tepatnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 3 desa tersebut.

“Ini jadi perhatian kita, karena memang masih ada juga kita menemukan ribuan pemilih ganda. Dan itu semua sudah kita rekomendasikan kepada KPU supaya ditindaklanjuti,”sebut Panggabean, Kamis (13/9/2018).

Menurut Gabe, temuan pemilih ganda cukup tinggi setelah ditetapkannya DPT Paluta beberapa waktu lalu. Di mana sebelumnya KPU Paluta menetapkan DPT sejumlah 143.590. Namun, jumlah ini dipastikan akan menurun setelah adanya ribuan pemilih ganda hasil temuan Bawaslu Paluta.

“Kita sudah duduk bersama beberapa hari ini dengan KPU untuk menuntaskan persoalan pemilih ganda dan TMS ini,” pungkasnya.

Temuan pemilih ganda yang tergolong luar biasa itu sudah disampaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Paluta untuk segera dilakukan perbaikan. Saat ini Bawaslu pun terus melakukan pencermatan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah diputuskan beberapa waktu lalu.(Arum)

Baca Juga:   Jokowi Mau "Tabok" Penyebar Hoax Dirinya PKI, Megawati: Jangan Pilih Pemimpin Tukang Tabok Rakyat
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

Penulis

Advertisement

More in Politik