Connect with us
Dibaca: 872

Nusantara

Walikota Cirebon Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf, Kubu Prabowo Sandi: “Bentuk Tekanan Politik?”

Komando Roemah Djoeang Prabowo Sandi (Dapil Cirebon dan Indramayu) Hery Susanto - Foto: SwaraRakyat

SWARARAKYAT.COM – Walikota Cirebon Nasrudin Azis melakukan deklarasi dukungan secara personal kepada pasangan Jokowi-Maruf dalam Pilpres 17 April 2019 mendatang.

Acara yang digelar di Hotel Verse Jl. Tuparev, Kota Cirebon Sabtu (19/1/2019) dihadiri sejumlah undangan yang melibatkan unsur masyarakat yakni dari tokoh masyarakat, ormas dan media.

Dalam siaran pers yang diterima SwaraRakyat.com Sabtu (19/1/2019), Hery Susanto selaku Komando Roemah Djoeang Prabowo Sandi (Dapil Cirebon dan Indramayu) menilai bahwa dukungan Azis tersebut itu tidak akan berpengaruh terhadap dukungan publik untuk paslon nomor 02 Prabowo Sandi dalam pilpres 17 April 2019.

Baca Juga:   Museum Minha, Gus Sholah: Dibangun Era SBY, Diresmikan Jokowi

Sebelumnya sempat beredar di forum percakapan WhatsApp sebuah surat terkait deklarasi tersebut yang ditandatangi sendiri oleh Nasrudin Azis.

Surat dukungan Walikota Cirebon kepada Jokowi

Pihaknya menilai langkah Azis itu sebagai bentuk tekanan politik yang dialami Azis karena berbagai isu atas kasus hukum yang dialami. “Azis nampak tidak berdaya dengan isu kasus hukum yang berkembang di Kota Cirebon,” kata Hery Susanto.

Banyak kasus yang dilaporkan dari berbagai elemen masyarakat mulai dari dana DAK, tanah di jalan Cipto, pembangunan gedung Setda, dan lainnya. Belakangan sudah ada pejabat Pemkot Cirebon yang menjadi tersangka kasus hukum tertentu dari pihak kepolisian. Azis diduga tersengat dengan kasus hukum tersebut.

“Aparat penegak hukum dari kepolisian, kejaksaan maupun KPK agar tetap menegakkan hukum dalam pemberantasan korupsi, jangan tebang pilih dan jangan jadikan hukum sebagai alat kriminalisasi, untuk menekan secara politik,” kata Hery Susanto.

Baca Juga:   Aksi Bela Tauhid Aliansi Umat Islam Tapanuli Bagian Selatan

Secara politik bagi kubu Prabowo Sandi, deklarasi dukungan Azis kepada paslon Jokowi Maruf tidak akan mengurangi kuatnya dukungan relawan dan masyarakat kepada paslon no 02 Prabowo Sandi. “Kami yakin dukungan warga Kota Cirebon ke Prabowo Sandi semakin menguat, meski Azis sudah membelot,” kata Hery Susanto.

Pihaknya menilai tindakan Azis itu menjadi urusan internal Partai Demokrat (PD). “Biarlah itu menjadi ranahnya PD pusat, karena tindakan Azis bertolak belakang dengan pimpinan PD di level nasional,” kata Caleg DPRD Jawa Barat dapil Cirebon dan Indramayu itu.

“Pihaknya berjanji akan mengawasi tindakan Azis sebagai Walikota Cirebon atas efek dukungannya ke paslon no 01 Jokowi-Maruf,” lanjut mantan Ketua DPP KNPI itu.

“Prinsipnya Nasrudin Azis agar tidak menyalahgunakan jabatan sebagai Walikota Cirebon, sebab itu sudah kewajibannya dan saat pelantikan bersumpah untuk menjalankan kewajiban dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya dalam berdemokrasi,” pungkas Hery Susanto. (chun)

More in Nusantara

error: Dilarang copy paste tanpa izin!