Anas: PKN Hadir Sebagai Pejuang Suara Rakyat Selamanya, Bukan Musiman

SWARARAKYAT.COM – Ketua Umum PKN, Anas Urbaningrum memandang Pemilu 2024 sebagai bahan penilaian dan evaluasi bagi masyarakat yang telah menentukan pilihan wakilnya di Senayan.

Menurutnya, masyarakat bisa menilai dan mengevaluasi selama ini wakil rakyat yang dipilihnya itu sudah sesuai ekspektasi atau tidak sesuai harapan mereka.

“Pemilu itu sesungguhnya kesempatan bagi rakyat untuk menilai kembali pilihannya pada Pemilu sebelumnya itu sudah sesuai dengan ekspektasinya atau belum,” kata Anas dalam dialog “Forum Satu Meja” yang disiarkan Kompas TV, Selasa (29/8/2023).

Baca Juga: Anas Urbaningrum: PKN Bukan Partai Keluarga atau Milik Saya

Kesempatan itu, kata Anas, membuka ruang politik bagi partai yang sudah ada sebelumnya atau partai baru untuk menawarkan harapan-harapan yang lebih baik.

“Partai baru punya kesempatan menawarkan harapan yang lebih baik. Karena partai baru belum dinilai oleh rakyat, publik,” jelasnya.

Lebih lanjut, Anas menyarankan agar Pemilu 2024 dibangun tradisi baru.

“Kalau Pemilu biasanya dimaknai sebagai musim panen bagi pemilih, menurut saya mulai pemilu yang akan datang harus diubah menjadi musim tanam bagi pemilih,” beber Anas.

Ia kemudian menjelaskan jika Pemilu dimaknai “musim tanam”, maka kompetisinya akan lebih sehat.

“Karena yang ditawarkan adalah hal-hal yg bersifat positif dan akan berpengaruh pada perilaku pemilih,” sambungnya.

Berdasarkan riset, kata Anas, selama ini kedekatan partai dan pemilih itu lemah. Kelemahan itu lantaran partai hadir saat sudah mendekati Pemilu belaka.

“Nah karena itu, PKN hadir menawarkan sebagai pejuang suara rakyat selamanya, bukan musiman,” tutup Anas. (Ren)